TribunJambi/

Pemkab Muarojambi Sebulan Kumpulkan Rp 30 Juta Dari Zakat ASN, Bupati Sampai Bikin Imbauan

Saat ini realisasi nilai zakat yang dapat terkumpul dari zakat penghasilan pegawai negeri ini hanya berkisar Rp 30 Juta perbulan

Pemkab Muarojambi Sebulan Kumpulkan Rp 30 Juta Dari Zakat ASN, Bupati Sampai Bikin Imbauan
IST
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Jambi Zulkifli

TRIBUNJAMBI.COM, SENGETI - Meski Bupati Muarojabi telah membuat surat himbauan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di seluruh SKPD Muarojambi untuk mengeluarkan Zakat sebesar 2,5 persen dari penghasilan gajinya setiap bulan, namun kesadaran ASN di Muarojambi untuk membayarkan zakat masih rendah.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Baznaz Kabupaten Muarojambi, Kasmadi. Dia menuturkan, kesadaran pegawai dalam lingkup Kabupaten Muarojambi, dalam membayar zakat masih rendah.

Buktinya, dari 36 SKPD dalam lingkup Muarojambi, hanya sepuluh instansi yang aktif membayar zakat, sementara sisanya belum punya kesadaran untuk membayar kewajiban profesinya itu.

"Padahal Diberbagai kesempatan selalu menekankan kewajiban itu. Tinggal Kepala SKPD-nya lagi memberikan arahann kepada pegawai bawahannya untuk mengeluarkannya. Bupati pun telah membuat surat himbauan kepada semua OPD sejak tahun 2017 lalu," kata Kasmadi, pada Jumat (9/2).

Dilanjutkan Kasmadi, saat ini realisasi nilai zakat yang dapat terkumpul dari zakat penghasilan pegawai negeri ini hanya berkisar Rp 30 Juta perbulan.

"Padahal jika semua ASN Muslim mengeluarkan 2,5 Persen gajinya untuk membayar zakat, dihitung-hitung dapat terkumpul Rp 600-700 Juta perbulan," ujarnya.

Kasmadi pun berharap, agar Bupati Muarojambi pun memberikan kebijakan untuk mempertajam agar Kesadaran Asn mengekuarkan Zakat semakin meningkat.

"Kami berharap Bupati membuat aturan yang mengikat," Pungkas Kasmadi.

Penulis: Zulkifli
Editor: bandot
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help