Siap-siap, Dari Kades, Kapolsek dan Danramil Bakal Bersihkan PETI di Sarolangun

Agenda pertemuan membahas peran kades untuk membantu upaya penutupan PETI di Sarolangun.

Siap-siap, Dari Kades, Kapolsek dan Danramil Bakal Bersihkan PETI di Sarolangun
TRIBUNJAMBI/TEGUH SUPRAYITNO
Empat kapal dompeng dibakar saat Operasi Gabungan Polri, TNI dan Pemkab Sarolangun, di wilayah Kecamatan Bathin VIII, Sabtu (9/12/2017) kemarin. 

Laporan wartawan Tribun Jambi Teguh Suprayitno

TRIBUNJAMBI.COM, SAROLANGUN - Komitemen Pemkab Sarolangun untuk menutup aktivitas penambangan emas tanpa izin (PETI) semakin sepertinya tak main-maiun. Niat yang mulanya digaung para pejabat Kabupaten dan Polres Sarolangun, kini mulai mendapat dukungan dari bawah.

Kamis kemarin, Camat Limun, Dahlan, mengumpulkan semua kepala desa di wilayahnya. Danramil Limun dan Kapolsek Limun juga diundang.

Agenda pertemuan membahas peran kades untuk membantu upaya penutupan PETI di Sarolangun.

Kapolsek Limun, Ipda Armansyah, ikut menghadiri pertemuan. "Kades-kades itu minta tempo enam bulan untuk menginfokan masalah penutupan PETI. Kalau sudah lewat, mereka mau membantu kami (polisi) untuk melakukan penutupan," katanya, Jumat (12/1).

Namun, pihak kepolisian tak bisa menunggu terlalu lama. Meski mengetahui tidak mudah menutupan tambang ilegal yang sudah bertahun-tahun dilakukan masyarakat di Limun. "Kalau kita tetap kita tindak," katanya.

Dia bilang jika berulang kali upaya penutupan PETI berlangsung tidak gampang. Banyak pelaku yang menolak bahkan melawan. Armasyah sadar jika aktivitas PETI di Kecamatan Limun saat banyak menjadi mata pencaharian utama masyarakat. Ia berharap pemerintah daerah punya solusi, sebagai ganti sumber ekonomi masyarakat.

"Ini masalah perut, saya ngerti ini tidak gampang. Pemerintah juga harus punya solusi kalau mereka dilarang," katanya.

Penutupan PETI tanpa solusi memicu timbulnya konflik baru, beberapa tahun silam di Limun, penindakan PETI menimbulkan korban jiwa. Masyarakat mati, polisi juga mati.

Penulis: Teguh Suprayitno
Editor: duanto
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help