Merunut Perjalanan Piala Thomas dan Piala Uber, Tim Indonesia dari 1958-2016

Indonesia kali terakhir menjadi juara pada 2002. Setelah itu, China selalu mendominasi hingga Jepang memutus rangkaian kemenangan beruntun...

Merunut Perjalanan Piala Thomas dan Piala Uber, Tim Indonesia dari 1958-2016
Badminton Indonesia
Tim Uber Indonesia 2016 

PASUKAN bulutangkis Indonesia akan berjuang untuk merebut Piala Thomas dan Piala Uber di Kunshan, China, 15-22 Mei. Indonesia akan bersaing dengan 15 negara lainnya pada masing-masing nomor.

Piala Thomas merupakan turnamen paling bergengsi nomor beregu putra antar-negara sedunia, sementara Piala Uber merupakan persaingan untuk tim putri.

Nama Thomas dan Uber diambil dari pemain legenda bulu tangkis Inggris, Sir George Alan Thomas dan Elizabeth "Betty" Uber.

Sir Thomas bukan hanya pemain bulu tangkis. Dia merupakan pemain catur yang juga berprestasi. Dua gelar Kejuaraan Catur Inggris dan 21 gelar All England merupakan pencapaian pria yang meninggal dunia ketika berusia 91 tahun pada 1972 tersebut.

Prestasi Uber juga mentereng. Dia 13 kali menjuarai All England yang didapat dari tiga nomor. Perempuan yang meninggal pada 1983 tersebut sekali menjuarai nomor tunggal, empat kali nomor ganda putri, dan delapan kali nomor ganda campuran.

Sistem pertandingan pun mulai berubah. Jika sebelumnya kedua tim bermain sembilan pertandingan dalam dua hari, mulai 1984 laga hanya berlangsung lima kali dan dimainkan dalam sehari. Sistem poin pun mengalami pergeseran. Kali pertama digelar, Piala Thomas memakai sistem tiga set (sekarang gim) dengan poin 15.

Tim Indonesia saat mengangkat piala Thomas di tahun 1984.
Tim Indonesia saat mengangkat piala Thomas di tahun 1984. (Dok. Bola)

Pada 2002, untuk kali pertama dan satu-satunya, Piala Thomas dan Piala Uber memakai sistem lima set dengan tujuh poin. Tim Thomas Indonesia dan tim Uber China menjadi juara pada tahun ini. Dua tahun berikutnya, sistem poin kembali menjadi 15 dan pertandingan berlangsung tiga set.

Sistem poin kembali berubah. Sejak Piala Thomas dan Piala Uber 2006, sistem yang dipakai Piala Uber digelar kali pertama pada 1957. Amerika Serikat memenangi event ini.

Pada laga final yang digelar di Lanchashire, Inggris, AS mengalahkan Denmark 7-1. Seperti Piala Thomas, pada awalnya, event ini juga digelar dalam periode tiga tahunan. Namun, pelaksanaannya tidak berbarengan. Piala Uber digelar setahun lebih awal dari Piala Thomas.

Piala Thomas
Piala Thomas (Dok. Bola)
Piala Uber
Piala Uber (Dok. Bola)

Indonesia dan China Berkuasa

Halaman
1234
Editor: duanto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help