Berita Jambi

Pemprov Jambi Siapkan Kuota Lahan Seluas 396 Ha untuk Program PLTB

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi menyiapkan kuota lahan seluas 396 hektare untuk program Pembukaan Lahan Tanpa Bakar (PLTB).

Penulis: A Musawira | Editor: Suci Rahayu PK
Tribunjambi.com/Musawira
Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jambi Agus Rizal 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi menyiapkan kuota lahan seluas 396 hektare untuk program Pembukaan Lahan Tanpa Bakar (PLTB).

Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jambi, Agus Rizal mengatakan untuk mendapat bantuan tersebut syaratnya minimal memiliki satu hektar lahan maksimal dua hektare per-KK.

Namun kata dia harus per kelompok dan minimal per kelompok itu paling tidak ada 10 hektar.

“Kalau 17 sampai 20 Hektar itu disiapkan Rp200 juta. Intinya lahan tersebut diluar kawasan hutan, kalau di dalam kawasan hutan kita tidak berikan. Untuk suratnya boleh Sporadik atau Sertifikat," katanya pada Senin (8/5/2023).

Untuk memastikan itu, nanti ada tim untuk mengukur titik koordinat dilokasi lahan yang akan mendapat bantuan tersebut, untuk memastikan apakah lahan tersebut masuk kawasan hutan atau tidak.

"Jadi kalau masyarakat punya tanah tapi tidak mampu mengolah sendiri, melalui Dumisake petani kita mendapatkan bantuan sudah menjadi kebun yang sudah ditanam," ujarnya.

Pada program PLTB tersebut, Pemprov Jambi menyiapkan bibit tergantung permintaan kelompok tani. Adapun yang disiapkan yakni bibit sawit, karet, kayu manis, pupuk dan lainnya. (Tribunjambi.com/Musawira)

 

Simak berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Baca juga: Dosen UNH Jambi Ajarkan Mahasiswa Merdeka Berfikir, Muhaimin: Kebebasan Berfikir Milik Semua Orang

Baca juga: Apes, Tiga Pelaku Curanmor di Jambi Ditangkap Polisi saat Open BO

Baca juga: Musim Tanam Tiba, Petani Tanjabtim Dapat Bantuan: Bisa Tanam Padi Seluas 3.055 Ha

Sumber: Tribun Jambi
BERITATERKAIT
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved