Cerita di Balik Masjid An Nur di Pematang Gajah

Kemegahan Masjid An Nur yang berada di Dusun Kali Aro yang bercat dominan putih ini sudah cukup dikenal di wilayah Pematang Gajah.

Penulis: Samsul Bahri | Editor: Teguh Suprayitno
Tribunjambi/Samsul
Masjid An Nur yang terletak di RT 13 Dusun Kali Aro, Desa Pematang Gajah sedikit berbeda dibanding masjid lainnya di Jambi. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI- Kemegahan masjid An Nur yang berada di Dusun Kali Aro yang bercat dominan putih ini sudah cukup dikenal di wilayah Pematang Gajah.

Lokasi pembangunan masjid ini memang terbilang jauh dari keramaian penduduk, namun sebetulnya ada cita dan harapan besar dibangunnya masjid tersebut. Meski lokasi jauh dari keramaian, namun lokasi tersebut merupakan lokasi pengembangan yang nantinya akan mengalami keramaian penduduk.

Optimisme inilah yang dipegang oleh Nurdin Ramli, insiator pembangunan masjid ini. Ia menceritakan bahwa Ia memiliki satu buah mushollah yang Ia bangun, namun memang hanya di pergunakan untuk anggota keluarga.

"Terus saya memiliki keinginan masjid, awalnya mau di kota tapi tanahnya mahal kalau di kota. Karena ada tanah kita disini akhirnya ya bangun di sini," ungkapnya.

Baca juga: Masjid An Nur, Masjid Megah di Tengah Dusun Kali Aro

Meskipun memang saat ini belum ramai, namun Nurdin Ralmi menyebut bahwa tidak memikirkan kondisi saat ini yang belum ramai akan penduduk maupun jamaah masjid. Namun, Ia berfikir bahwa setiap tahun manusia akan banyak, sementara tanah tidak bertambah.

"Apalagi lokasi ini merupakan lokasi pengembangan permukiman, jadi ya saya bilang tadi bahwa jangan melihat sekarang, karena dari prospek jalan ini merupakan jalan lintas nantinya," terangnya.

"Jadi yang saya pikirkan bukan masa sekarang, tapi masa depan yang saya pikirkan dan nanti kalau kita bangun pada saat ramai, pasti bahan bangunan bakal mahal, bahkan bisa uang yang ada ini habis malah tidak terbangun masjid," tambahnya.

Niat mulia Nurdin Ramli ini semata-mata untuk amal ibadah, Ia berharap nantinya dengan berkembangnya kawasan tersebut, Masjid An Nur tersebut akan dimakmurkan dengan jamaah-jamaah yang shalat di Masjid tersebut.

Baca juga: Jamaah Salat Zuhur Masjid Nurdin Hasanah Batal Bubar Usai Mendengar Seorang Mualaf akan Bersyahadat

"Saya berharap masjid ini kedepannya dimakmurkan dengan banyaknya jamaah, bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar, termasuk nantinya jika ini jalan lintas bisa dimanfaatkan oleh banyak orang yang melintas disini dan bisa beribadah di sini," pungkasnya.

Sumber: Tribun Jambi
BERITATERKAIT
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved