Pemilihan Presiden 2024

Tak Jadi Bersatu Bersama PKS dan Demokrat, Partai Nasdem Siapkan Alternatif Koalisi Usung Anies

Saat ini, Partai Nasdem sudah mendeklarasikan mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden untuk Pemilihan Presiden 2024 mendatang

Editor: Rahimin
ist
Calon Presiden Partai Nasde, Anies Baswedan.Hingga kini Koalisi Perubahan belum deklarasi 

 

TRIBUNJAMBI.COM - Hingga saat ini Partai Nasdem, Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) belum deklarasi atau sepakat untuk melakukan koalisi.

Koalisi tiga partai tersebut untuk Pemilihan Presiden 2024.

Belum ada kata sepakat antara ketiga partai untuk membentuk koalisi.

Saat ini, Partai Nasdem sudah mendeklarasikan mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden untuk Pemilihan Presiden 2024 mendatang.

Partai Nasdem disebut akan menyiapkan alternatif koalisi partai, jika tidak ada kata sepakat antara Partai Nasdem, Partai Demokrat dan PKS.

Hal itu dikatakan Wakil Ketua Umum Partai Nasdem Ahmad Ali.

Dikatakannya, Partai Nasdem mempersiapkan alternatif koalisi lain untuk mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden.

Membuat alternatif koalisi dilakukan jika kesepakatan pembentukan Koalisi Perubahan bersama Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Demokrat gagal.

“Ketika kemudian (koalisi) ini terhambat dengan persyaratan yang tidak mungkin kita penuhi, tentunya kita harus punya alternatif-alternatif,” katanya kepada wartawan, Selasa (24/1/2023).

Sebab, kata anggota DPR RI ini, hingga kini Partai Nasdem merasa belum ada pihak yang membantunya untuk mendukung Anies Baswedan maju dalam kontestasi perebutan kursi RI-1.

Padahal, partai Nasdem tak bisa mengusung sendiri karena tak mencukupi syarat pencalonan ambang batas presiden atau presidential threshold sebesar 20 persen kursi DPR RI.

“Baru Partai Nasdem yang hari ini mendukung Anies, yang lain belum ada pencetusnya. Sekarang kita menunggu,” ujarnya.

Ahmad Ali menyinggung adanya keinginan dari Partai Demokrat untuk memasangkan Anies Baswedan dengan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved