Pemilihan Presiden 2024

Ganjar Pranowo Diprediksi Merapat ke KIB Jika Tak Diusung PDI-P dan Menanti Restu Jokowi

Selain Ganjar Pranowo ada kader PDI-P yang berpeluang besar untuk diusung partai besutan Megawati Soekarnoputri ini, yakni Puan Maharani.

Editor: Rahimin
Tribunnews/Irwan Rismawan
Ganjar Pranowo Diprediksi Merapat ke KIB Jika Tak Diusung PDI-P dan Menanti Restu Jokowi 

 

TRIBUNJAMBI.COM - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo diprediksi bakal sulit diusung PDI-P menjadi calon presiden untuk Pemilihan Presiden 2024.

Sebab, selain Ganjar Pranowo ada kader PDI-P yang berpeluang besar untuk diusung partai besutan Megawati Soekarnoputri ini, yakni Puan Maharani.

Jika tak diusung PDI-P, Ganjar Pranowo diprediksi bakal merapat ke Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Menurut Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah, Pemilihan Presiden 2024 berpeluang besar dinakhodai tiga king maker yang membentuk poros politik utama.

Yang pertama, Megawati Soekarnoputri yang mendukung Prabowo Subianto dan Puan Maharani.

Kedua, Joko Widodo atau Jokowi yang berada di balik Ganjar Pranowo dan Airlangga Hartarto.

Ketiga, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Surya Paloh yang mendukung Anies Baswedan dan Andika Perkasa.

"Jika membaca peluang kandidat dan king maker, besar kemungkinan lahirkan tiga kelompok utama," katanya , dalam keterangan yang diterima, Jumat (23/12/2022).

Jika PDI-P memilih berkoalisi dengan Partai Gerindra-PKB, maka kemungkinan besar poros tersebut akan mendukung Prabowo Subianto-Puan Maharani.

Sebab, Ganjar Pranowo kecil kemungkinan untuk diposisikan sebagai calon wakil presiden.

"PDI-P sendiri jika sama-sama dukung Prabowo dan hanya menempatkan kader sebagai cawapres, maka Puan lebih berpeluang. Ganjar akan terlihat mahal jika harus calon wakil presiden," katanya lagi.

Jika pasangan Prabowo Subianto dan Puan Maharani benar terjadi, maka diprediksi bakal merapat ke KIB dan berburu restu ke Joko Widodo atau Jokowi.

Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang berisi tiga partai, yakni Partai Golkar, PPP dan PANA akan menjadi perahu bagi Ganjar Pranowo untuk bertarung di Pemilihan Presiden 2024 berpasangan dengan Airlangga Hartarto.

Halaman
12
BERITATERKAIT
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved