Melihat Masa Kejayaan Bioskop Jambi di Tempoa

Peninggalan kejayaan bioskop di Tanah Sepucuk Jambi Sembilan lurah ini tersimpan rapi di Museum Bioskop di Jalan Tempoa, Jelutung, Kota Jambi.

Penulis: M Yon Rinaldi | Editor: Teguh Suprayitno
Tribunjambi/M Yon Rinaldi
Museum Bioskop di Jalan Tempoa, Jelutung, Kota Jambi menyimpan peninggalan kejayaan bioskop di Tanah Sepucuk Jambi Sembilan Lurah. 

 


TRIBUNJAMBI.COM,JAMBI - Era 1970an hingga medio 1990an menjadi tahun emas dunia perfilman tanah air, kala itu film lokal menjadi tuan rumah di tanah sendiri.

Beberpa judul film laris kala itu namanya masih menggaung sampai saat ini, seperti Galih dan Ratna, catatan si Boy, lupus, Nagabonar, tuturtrinular, satria bergitar hingga yang paling ikonik Warkop DKI, bahkan beberapa dari judul terkenal tersebut di buat ulang dan tetap mampu diterima pasar.

Era tersebut juga melahirkan insan perfilman yang namanya masih diperhitungkan sampai saat ini, mungkin kalian tidak asing dengan nama Dedi Mizwar, Dede Yusuf, Cristin Hakim hingga Indro Warkop dimana mereka menjadi bintang kala itu.

Manisnya dunia perfilman kala itu berbanding lurus dengan bisnis bioskop, hampir di setiap daerah di Indonesia memiliki bioskop tidak terkecuali di Provinsi Jambi.

Setidaknya ada 9 bioskop di Kota Jambi yang siap memberikan fasilitas terbaiknya kala itu. Mulai dari Bioskop Mega, Bioskop Ria, Bioskop Duta, Bioskop Murni, Bioskop Sumatera 1 dan 2, Bioskop President, Bioskop Mayang dan Bioskop Sitimang.

Kini Industri bioskop sudah tidak sejaya dahulu, walaupun dunia perfilman tanah air mencoba untuk bangkit kembali.

Baca juga: VIDEO: Mengenang Bioskop Tua Jambi di Tempoa Gallery, Jadi Museum Memorabilia Bioskop Jambi

Mulai hadirnya TV lokal sejak akhir 1989 membuat minat masyarakat untuk mengunjungi bioskop menurun, berganti dengan acara TV. Apa lagi salah satu TV nasional hadir dengan program Layar Emasnya yang menghadirkan berbagai film Hollywood.

Tidak hanya TV analog, hadirnya video kaset dan di teruskan dengan VCD dan DVD semakin membuat bioskop kehilangan peminat hingga akhirnya mati suri kala itu.

Kini peninggalan kejayaan bioskop di Tanah Sepucuk Jambi Sembilan lurah ini tersimpan rapi di Museum Bioskop yang berlokasi di Jalan Tempoa, Jelutung, Kota Jambi.

Lokasi Bioskop yang terintegrasi dengan dengan cafe dan hotel ini menghadirkan berbagai artefak sejarah mulai dari proyektor, kursi lawas, poster hingga media promosi untuk dunia hiburan kala itu.

Pengunjung yang datang akan di hadirkan dengan berbagai poster filem lawas. Di sini kita akan di ajak bernostalgia ke era 1970an hingga medio 1990an.

Beberpa poster lawas seperti Warkop DKI, Lupus, hingga berbagai seri filem Roma irama hadir di sini.

Bioskop Sumatera yang masih tetap eksis sampai sekarang
Bioskop Sumatera yang masih tetap eksis sampai sekarang (TRIBUNJAMBI/QOMARUDDIn)

Setelah puas menikmati berbagai poster kita bisa melihat berbagai peralatan penayangan filem tempo dulu.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jambi
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved