Breaking News:

Kolonel Abunyani dari Jambi Diusulkan jadi Pahlawan Nasional, Ini Biografi dan Kisah Perjuangannya

Nama tokoh perjuangan Provinsi Jambi Kolonel Abunjani diusulkan untuk menjadi Pahlawan Nasional RI.

Penulis: Hasbi Sabirin | Editor: Teguh Suprayitno
istimewa
Lukisan tokoh perjuangan Provinsi Jambi Kolonel Abunjani. 

 


TRIBUNJAMBI.COM,JAMBI- Nama tokoh perjuangan Provinsi Jambi Kolonel Abunjani saat ini diusulkan oleh anggota Komisi VIII DPR RI Dapil Provinsi Jambi Hasan Basri Agus (HBA) untuk menjadi Pahlawan Nasional RI.

Diketahui, biografi Kolonel Abunjani adalah anak dari Demang Makalam, lahir di Desa Sekeladi Kecamatan Batang Asai, Kabupaten Sarolangun Provinsi Jambi tanggal 24 Oktober 1918 dan wafat di Jakarta pada tanggal 28 Desember 1979 dimakamkan di Taman Makam Pahlawan kalibata.

Kolonel Abunjani juga merupakan pejuang muda pemimpin tertinggi militer Jambi semasa revolusi dengan latar pendidikan. Islandce School (HIS) selama 7 tahun tamat pada tahun 1931, pada tahun 1934 mengikuti pendidikan Meer Uitgebreid Onderwiji (MULO) di Bandung. Tahun 1940 mengikuti pendidikan Middelbare Oplieding School Voor Inlandsche Ambtcnaar di Bandung.

Kolonel Abunyani juga pernah bersekolah di akademi Militer Gyugun di Pagar Alam Lahat dan menamatkan pendidikan di Shonan Kao Kun Renjo (Sionanto) di Singapura selama satu tahun.

Salah satu peran yang menonjol dari perjuangan kolonel Abunyani adalah membentuk badan keuangan perjuangan yang membantu Perjuangan Pemerintah Pusat, sewa beli pesawat Catalina RI 005 sebagai pesawat penghubung ke Sumatera Barat dan Yogyakarta dalam jaringan pemerintahan, dan memasok perlengkapan dan pembekalan dengan sistem Barter komoditas lada, vanili, karet dan lain-lain.

Baca juga: Tokoh Perjuangan Jambi Kolonel Abunyani Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional, HBA Bersurat ke Mensos

Pasca proklamasi kemerdekaan pada 22 Agustus 1945 adalah salah satu tokoh penting yang mengibarkan bendera merah putih, sebagai pemimpin angkatan pemuda Indonesia (API) yang merupakan bagian dari badan keamanan rakyat (BKR) yang berperan dalam gerakan revolusi kemerdekaan di Jambi. 

Sebagai komandan polisi, tentara bertugas di Komandamen seluruh Sumatra berkedudukan di Bukit Tinggi Kepala Siasat Perang Komandamen Sumatera dan Komandan, merangkap Kepala Pemerintahan Militer Brigade Garuda Putih Jambi.

Hal itu bisa dilihat dari surat dukungan anggota Komisi VIII DPR RI Dapil Provinsi Jambi Hasan Basri Agus (HBA) kepada Menteri Sosial (Mensos) RI yang diterbitkan pada tanggal 09 Desember 2022.

Sekretaris Dinas Sosial Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dinsosdukcapil) Provinsi Jambi Padli S membenarkan surat tersebut.

"Benar pak HBA sudah bersurat ke Menteri Sosial RI terkait dukungannya nama Kolonel Abunjani diusulkan menjadi pahlawan Nasional dari Provinsi Jambi," ujar Padli Kamis (08/12/22).

Dalam surat dukungan yang bertandatangan HBA tersebut menjelaskan bahwa ini sebagai tindaklanjut dari aspirasi masyarakat Jambi melalui rapat kerja Lembaga Adat Melayu (LAM) untuk mengusulkan nama Kolonel Abunjani menjadi Pahlawan Nasional dari Provinsi Jambi.

Baca juga: Pemerintah Provinsi Jambi Usulkan Kolonel Abundjani Sebagai Pahlawan Nasional

Sementara anggota DPR RI Fraksi Golkar Dapil Jambi Hasan Basri Agus (HBA) melalui tenaga ahlinya Sarasadin juga membenarkan bahwa nama Kolonel Abunyani sudah diusulkan menjadi pahlawan Nasional.

"Dari rekomendasi pak HBA ada dua nama tokoh perjuangan Jambi yang diusulkan jadi pahlawan Nasional yaitu untuk bapak Kolonel Abundjani dan Mayjen H. A. Thalib. Untuk Kolonel Abundjani terus diusulkan ke Kemensos dan tim penilai pusat, karena sudah dibuat tim peneliti dan Pengkajiannya, sedangkan untuk Mayjen H.A Thalib, ternyata menyusul untuk tahun 2023," ungkapnya.

Terlampir dalam surat tersebut, sehubungan dengan hal diatas maka Kolonel Abunyani layak sebagai Pahlawan Nasional dari Provinsi Jambi. Dukungan ini juga diberikan dengan penuh pertimbangan dan kepentingan daerah dan masyarakat Provinsi Jambi.

Baca berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Sumber: Tribun Jambi
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved