Berita Jambi

Tahun 2022 PA Jambi Kelas 1A Terima 1.430 Laporan Perkara, Terbanyak Gugat Cerai

Pengadilan Agama (PA) Jambi Kelas 1A, dari Januari hingga November tahun 2022 ini sudah menerima 1.430 laporan perkara.

Tribunjambi.com/Srituti Apriliani Putri
Kepala PA Jambi Kelas 1A Muh Nuh 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Pengadilan Agama (PA) Jambi Kelas 1A, dari Januari hingga November tahun 2022 ini sudah menerima 1.430 laporan perkara.

Kepala PA Jambi Kelas 1A Muh Nuh menerangkan, laporan-laporan yang diterima pihaknya tersebut beragam. Dari kasus perceraian, perwalian, waris, poligami hingga hibah dan ekonomi syariah.

"Selain kasus perceraian Pengadilan Agama ini wewenang yang harus kita selesaikan itu ada sembilan, ada perkawinan, wakaf, hibah, shodaqoh, ekonomi syariah, waris dan sebagainya," kata Nuh.

Nuh menjelaskan, dari 1.430 laporan yang masuk tersebut. Laporan cerai gugat yang diajukan istri kepada suami merupakan laporan terbanyak, yakni 914 laporan perkara.

Baca juga: Arahan Kapolda Jambi Supaya Perhatikan Masyarakat, Kapolsek Limun Bantu Warga Yang Sakit

Baca juga: Ayah Bharada Eliezer Minta Ferdy Sambo Bertanggungjawab: Jangan Korbankan Anak Saya

"Faktor-faktor perceraian itu yang paling dominan adalah perselisihan dan pertengkaran. Kemudian faktor ekonomi dan kurang rasa tanggung jawab," jelasnya.

Berikut rincian laporan perkara, pertama izin poligami 4 laporan,pembatalan perkawinan cerita 287 laporan, cerai gugut 914 Lapo, harta bersama 13 laporan, hadhanah 2 laporan, perwalian 10 laporan, isbat nikah 47 laporan, dispensasi kawin 47 laporan, Wali Adhol 7 laporan, ekonomi syariah 2 laporan, gugatan sederhana satu laporan, kewarisan 17 laporan, hibah 2 laporan, penetapan ahli waris 71 laporan, pengangkatan anak 4 laporan, pembagian harta peninggalan satu laporan.

"Cerai dan gugatan itu hanya sebagian kecil, karena masyarakat beranggapan PA itu tempat cerai padahal bukan. PA itu tempat untuk mencari keadilan," jelas Nuh.

"Kita berikan solusinya jadi Pengadilan Agama itu memberikan solusi keadilan bukan perceraian," tambahnya. (Tribunjambi.com/Srituti Apriliani Putri)


Simak berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Baca juga: Ayah Bharada Eliezer Minta Ferdy Sambo Bertanggungjawab: Jangan Korbankan Anak Saya

Baca juga: Arahan Kapolda Jambi Supaya Perhatikan Masyarakat, Kapolsek Limun Bantu Warga Yang Sakit

Baca juga: Lowongan Kerja BUMN PT KAI untuk Lulusan D3 dan Lulusan S1, Ada 7 Posisi

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved