Breaking News:

Pemilihan Presiden 2024

Partai Nasdem Dapat Berkah Usung Anies Jadi Calon Presiden, Elektabilitas Partai Jadi Naik

Partai Nasdem di berbagai daerah langsung bergerak melakukan upaya-upaya pemenangan, yang juga melibatkan Anies Baswedan

Editor: Rahimin
ist
Anies Baswedan didukung Partai Nasdem untuk maju di Pemilihan Presiden 2024. 

TRIBUNJAMBI.COM - Partai Nasdem mendapat berkah setelah mengusung Anies Baswedan menjadi calon presiden untuk Pemilihan Presiden.

Sebab, elektabilitas Partai Nasdem menjadi naik setelah deklarasi mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden.

Hasil survei Charta Politika periode November 2022, elektabilitas partai besutan Surya Paloh itu berada di angka 6,0 persen.

Hal itu diketahui dari hasil survei Charta Politika ini dilaksanakan pada 4-12 November 2022.

Survei ini menggunakan metode wawancara tatap muka dengan metode multistage random sampling, survei melibatkan 1.220 responden.

Sementara, margin of error survei ini sebesar 2,83 persen.

Sebelumnya, saat Charta Politika merilis hasil survei pada September lalu, elektabilitas Partai Nasdem hanya 4,8 persen, atau terpaut 1,2 persen dengan survei terbaru.

Hasil survei Juni 2022, elektabilitas Partai Nasdem di angka 5,3 persen. 5,1 persen pada survei April 2022.

"Dari survei ini ada kecenderungan ini angka tertinggi didapatkan Nasdem selama 2022," kata Direktur Eksekutif Charta Politika dalam tayangan YouTube Charta Politika Indonesia, Selasa (29/11/2022).

Menurutnya, peningkatan angka elektabilitas ini bisa jadi dipengaruhi langkah Partai Nasdem mengusung mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden.

Apalagi, setelah deklarasi awal Oktober kemarin, jajaran Partai Nasdem di berbagai daerah langsung bergerak melakukan upaya-upaya pemenangan, yang juga melibatkan Anies Baswedan.

Yunarto bilang, ada kemungkinan pencapresan Anies Baswedan memberikan dampak elektoral atau efek ekor jas terhadap Nasdem.

"Ya, bisa dispekulasikan kalau dilihat dari sisi momentum, ada pengaruh positif dari deklarasi Partai Nasdem terhadap Anies Baswedan," ia menjelaskan.

Elektabilitas Partai masih kalah dari dua partai yang disebut-sebut hendak membangun koalisi bersama, Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved