Berita Kota Jambi

Atasi Stunting, Pemkot Jambi akan Siapkan Program Bapak Asuh

Pemerintah Kota Jambi kembali melaksanakan rapat terkait dengan audit dan evaluasi kasus stunting semester II di Kota Jambi.

Tribunjambi.com
Wakil Wali Kota Jambi Maulana 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Pemerintah Kota Jambi kembali melaksanakan rapat terkait dengan audit dan evaluasi kasus stunting semester II di Kota Jambi.

Wakil Wali Kota Jambi, Maulana mengatakan pada bulan Februari lalu setidaknya ada 31 ribu bayi yang dilakukan penimbangan di Posyandu atau Puskesmas terdekat.

"Dan Agustus kemarin 24 ribu. Dari jumlah itu, angka yang masuk kategori pendek dan sangat pendek itu sekitar 2 persen lebih. Ini menjadi perhatian untuk melihat data by name by address," jelas Maulana.

Ia mengungkapkan, maka pihaknya akan melaksanakan program bapak asuh bagi bayi-bayi yang stunting ini.

"Misalnya di kelurahan ini, ada balita stunting, siapa yang menjadi bapak asuhnya. Memberikan makan-makanan bergizi. Intinya bersedekah, bisa dari unsur kepala dinas, TNI/Polri, perusahaan, dan lain sebagainya," ujarnya.

Karena menurut Maulana, penyelesaian kasus stunting ini harus dilakukan dengan kolaborasi lintas sektor, baik pemerintah daerah, instansi vertikal dan organisasi pemangku kepentingan serta masyarakat umum.

Ia menambahkan pada tahun 2023, seluruh balita yang ada di Kota Jambi harus dilakukan penimbangan. Hal itu guna melihat data pasti jumlah anak yang mengalami stunting di Kota Jambi.

"Sehingga kedepan intervensinya sudah fokus. Program akan disusun berdasarkan data yang sudah didapatkan, kita juga sudah menjalankan delapan aksi yang diinstruksikan oleh pusat," tambahnya.

Untuk diketahui, berdasarkan data Elektronik-Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat (E- PPGBM) peningkatan kasus stunting tertinggi di Kota Jambi berada di Kecamatan Jelutung.

Angka stunting di kecamatan Jelutung pada bulan Agustus 2022 mencapai 158 anak. Meningkat dari bulan Februari yang hanya 109 anak stunting.

Simak berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Baca juga: Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi Dorong Pemerintah Dukung Penuh Atlet Berlaga Harumkan Nama Daerah

Baca juga: Peringatan HUT PGRI ke 77, Gol A Gong Berkunjung ke Kabupaten Tebo

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved