Tanggapan KPU Tanjabbar Soal Alokasi Kursi Anggota DPRD

KPU Tanjung Jabung Barat mengumumkan Rancangan penataan daerah pemilihan dan alokasi kursi anggota DPRD Tanjabbar dalam Pemilu 2024.

Penulis: Ade Setyawati | Editor: Teguh Suprayitno
Tanggapan KPU Tanjabbar Soal Alokasi Kursi Anggota DPRD
Tribunjambi.com/Darwin Sijabat
M Taufik, Anggota KPU Tanjab Barat.

TRIBUNJAMBI.COL, KUALATUNGKAL - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanjung Jabung Barat mengumumkan Rancangan penataan daerah pemilihan dan alokasi kursi anggota DPRD Tanjabbar dalam Pemilu 2024.

Mengenai hal ini, anggota KPU Tanjabbar divisi teknis penyelenggara M. Taufik mengatakan, rancangan penataan daerah pemilihan dan alokasi kursi DPRD Tanjabbar berpedoman pada UU nomor 7 tahun 2017 dan PKPU nomor 6 tahun 2022 serta SK KPU Nomor 457 tahun 2022.

"Dalam penyusunan rancangan daerah pemilihan KPU tanjabbar berpedoman pada UU nomor 7 tahun 2017, pkpu 6 tahun 2022, Sk kpu nomor 457 tahun 2022," jelasnya Kamis (24/11/2022).

M. Taufik melanjutkan, untuk alokasi kursi DPRD kabupaten Tanjabbar tidak ada pengurangan, namun ada pergeseran kursi dari dapil 5 (Pengabuan - senyerang) yang awalnya 6 kursi bergeser menjadi 5 kursi, dan dapil 3 (Merlung, Renah Mendaluh dan muara papalik) yang awalnya 4 kursi menjadi 5 kursi.

"Tidak ada pengurangan jumlah kursi untuk DPRD kabupaten Tanjabbar namun ada pergeseran dari dapil 5 ke dapil 3," tambahnya.

Baca juga: KPU Tanjabbar Keluarkan Surat Pengumuman Alokasi Kursi Anggota DPRD dalam Pemilu 2024

Namun terkait Rancangan penataan daerah pemilihan dan alokasi kursi anggota dewan perwakilan rakyat daerah kabupaten Tanjabbar dalam pemilihan umum tahun 2024, Taufik mengatakan KPU Tanjabbar memberikan waktu tanggapan dan masukan masyarakat.

"Penerimaan masukan dan tanggapan masyarakat terhadap rancangan penataan daerah pemilihan dan alokasi kursi anggota DPRD tanjabbar dalam pemilihan umum tahun 2024 dilaksanakan pada tanggal 23/11/2022 S.d 6/12/2022," lanjutnya.

"Masukan dan tanggapan masyarakat dibuat secara tertulis sesuai dengan format yang dapat di peroleh di kantor KPU Tanjung Jabung barat atau di unduh pada laman https://helpdesj.kpu.go.id./tanggapan," tutupnya.

Baca berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

 

Sumber: Tribun Jambi
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved