Pemilihan Presiden 2024

Koalisi Nasdem Demokrat dan PKS Hampir Final, AHY dan Aher Jadi Pilihan Calon Wakil Presiden

Untuk calon presiden yang akan diusung di Pemilihan Presiden, Partai Nasdem sudah mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden.

Editor: Rahimin
Chanel Youtube Anies Baswedan
Anies Baswedan bakal calon Presiden yang diusung Partai Nasdem. Koalisi Nasdem Demokrat dan PKS Hampir Final, AHY dan Aher Jadi Pilihan Calon Wakil Presiden 

TRIBUNJAMBI.COM - Partai Nasdem, Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) disebut akan berkoalisi untuk Pemilihan Presiden 2024.

Sejauh ini, Partai Nasdem, Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera sudah melakukan penjajakan untuk koalisi di Pemilihan Presiden.

Untuk calon presiden yang akan diusung di Pemilihan Presiden, Partai Nasdem sudah mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden.

Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera sudah menyiapkan figur untuk bakal calon wakil presiden.

Partai Demokrat mengajukan Agus Harimurti Yudhoyono, sedangkan Partai Keadilan Sejahtera menyiapkan Ahmad Heryawan mantan Gubernur Jawa Barat.

Koalisi antara Partai Nasdem, Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera cukup hampir final.

Juru Bicara Partai Keadilan Sejahtera (PKS) M Kholid mengatakan, progres pembentukan koalisi hampir mencapai titik akhir.

Menurutnya, penjajakan antara Partai Nasdem, Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera tinggal menunggu 10 persen lagi sebelum koalisi terbentuk.

“Perjalanan di koalisi perubahan sudah 90 persen, jadi sudah banyak hal yang disepakati. Kami optimistis akan menemukan jalan yang terbaik,” katanya kepada Kompas.com, Sabtu (5/11/2022).

Dikatakannya, proses pembentukan koalisi berlangsung secara kolektif kolegial dan masing-masing partai politik (parpol) saling menghargai satu sama lain.

“Proses komunikasi di koalisi perubahan berlangsung sangat kondusif, guyub, dan saling menghormati sikap masing-masing,” ujarnya.

Pihaknya belum memikirkan langkah politik ke depan jika kepentingan PKS tak diakomodir.

Dalam hal ini keinginan PKS adalah mengusung mantan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan sebagai calon wakil presiden (cawapres) untuk mendampingi Anies Baswedan sebagai calon presiden yang diusung Partai Nasdem.

“Kami tidak mau berandai-andai, kita lalui saja prosesnya dengan rasional, dan objektif sesuai kesepakatan,” katanya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved