Mengenal Lebih Dekat Mitra BPS

BPS membutuhkan mitra kerja dalam menjalankan fungsi dan tugasnya yang dituntut bekerja secara cepat dan akurat dalam proses penyediaan data

Editor: Rahimin
istimewa
Mitra BPS memiliki peran penting khususnya dalam pengumpulan data.   

Mengenal Lebih Dekat Mitra BPS

By:Rini Nopriyanti

Staf BPS Muaro Jambi

TRIBUNJAMBI.COM - Badan Pusat Statistik (BPS) merupakan lembaga pemerintah non departemen yang berperan dalam  penyedia data dan informasi statistik berkualitas.

Dalam menjalankan fungsinya BPS dilindungi oleh payung hukum yakni UU Nomor 16 Tahun 1997 tentang statistik.

Banyak survei dan sensus yang dilaksananakan BPS dalam upaya penyediaan data.

Eksistensi BPS sebagai sebuah lembaga menjadi sangat strategis saat ini, karena beragamnya kebutuhan data yang pemanfaatannya digunakan oleh berbagai lembaga pemerintah serta masyarakatat luas.

Oleh karena itu, BPS membutuhkan mitra kerja dalam menjalankan fungsi dan tugasnya yang dituntut bekerja secara cepat dan akurat dalam proses penyediaan data. 

Beberapa kegiatan survei  maupun sensus membutuhkan tenaga mitra yang cukup banyak.

Mitra BPS memiliki peran penting khususnya dalam pengumpulan data.  

Akibat banyaknya kegiatan perstatistikan seperti pengumpulan data tersebut, baik itu berupa survei maupun sensus yang melingkupi banyak sampel maka BPS  membutuhkan tenaga pengumpul data diluar jajaran pegawai BPS.

Maka dari itu, proses rekruitmen dilaksanakan untuk memilih dan menentukan mitra yang handal dan berdaya juang tinggi dalam upaya proses menjaga kualitas data.

Tentunya tenaga mitra yang direkrut perlu dilatih terlebih dahulu.

Tujuannya adalah untuk mengenalkan hal –hal yang berkaitan tentang Standar Operasional Prosedur (SOP) kegiatan, konsep, serta definisi dari setiap pertanyaan yang terdapat dalam kuesioner  survei maupun sensus.

Halaman
12
Berita Populer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved