Malam Regsosek, BPS Mendata Tunawisma dan Awak Kapal Berbendera Indonesia

Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) merupakan upaya dalam mengimplementasikan Satu Data Indonesia,

Editor: Rahimin
istimewa
Pendataan tunawisma pada Malam Regsosek ini merupakan strategi yang dilakukan oleh BPS Provinsi Jambi 

TRIBUNJAMBI.COM - Sabtu (29/10/2022) BPS Provinsi Jambi melaksanakan malam Regsosek, satu rangkaian kegiatan pendataan awal Regsosek yang menjadi strategi agar semua orang didata.

Malam Regsosek yang dilaksanakan mulai pukul 21.00 WIB sampai dengan pukul 06.00 WIB keesokan harinya berfokus pada penyisiran keberadaan tunawisma untuk kemudian didata menggunakan instrument pendataan Regsosek.

Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) merupakan upaya dalam mengimplementasikan Satu Data Indonesia, membantu pemerintah pusat dan daerah dalam mewujudkan kesejahteraan sosial di Indonesia.

Pelaksanaan Regsosek muncul sebagai bagian dari evaluasi program peningkatan perekonomian masyarakat yang selama ini dilakukan oleh pemerintah.

Malam Regsosek adalah upaya yang dilakukan oleh BPS untuk dapat mendata tunawisma dan awak kapal berbendera Indonesia karena tujuan Regsosek adalah mendata seluruh penduduk Indonesia tanpa terkecuali.

Pendataan tunawisma pada Malam Regsosek ini merupakan strategi yang dilakukan oleh BPS Provinsi Jambi
Pendataan tunawisma pada Malam Regsosek ini merupakan strategi yang dilakukan oleh BPS Provinsi Jambi (istimewa)

Alasan yang mendorong perlunya kegiatan Malam Regsosek adalah tingginya mobilitas kedua kelompok tersebut sehingga dibutuhkan satu waktu tertentu untuk mendata keberadaan mereka.

Pendataan tunawisma pada Malam Regsosek ini merupakan strategi yang dilakukan oleh BPS Provinsi Jambi.

Sehingga semua penduduk Indonesia dapat tercatat pada pendataan awal Regsosek, tidak hanya penduduk yang memiliki rumah saja.

Tunawisma adalah penduduk yang tidak memiliki tempat tinggal dan biasanya tinggal di pasar, terminal, emperan toko, atau menggelandang di trotoar.

Penyisiran pada malam hari diharapkan meningkatkan kemungkinan bertemu dengan mereka karena sedang beristirahat.

Pelaksanaan Malam Regsosek tidak hanya dilaksanakan oleh BPS Provinsi Jambi saja tetapi juga oleh seluruh BPS Provinsi dan BPS Kabupaten/Kota seluruh Indonesia.

BPS Malam Regsosek kepolisian
Di Provinsi Jambi sendiri pelaksanaan Malam Regsosek juga melibatkan pihak-pihak terkait mulai dari pihak kepolisian

Di Provinsi Jambi sendiri pelaksanaan Malam Regsosek juga melibatkan pihak-pihak terkait mulai dari pihak kepolisian hingga dinas-dinas yang mengetahui letak kantong-kantong tunawisma beristirahat ketika malam hari.

Pelaksanaan Malam Regsosek di Kota Jambi didampingi langsung oleh Kepala BPS Provinsi Jambi Agus Sudibyo dan Kepala BPS Kota Jambi Ahmad Fauzie beserta personil kepolisian dari Polsek Kota Baru Jambi.

Kepala BPS Provinsi Jambi dan BPS Kota Jambi mengikuti jalannya Malam Regsosek dengan langsung ikut mencari tunawisma yang ada di Kota Jambi Bersama petugas pendataan yang terbagi menjadi empat tim.

Penyisiran dilakukan di wilayah yang terinformasi merupakan tempat tunawisma beristirahat.

Meskipun diguyur hujan sejak pukul 21.00 WIB, Malam Regsosek di Kota Jambi dapat berjalan dengan lancer tanpa ada hambatan yang berarti. 

Informasi Indikator Statistik dan Data Jambi terkini dapat diakses melalui jambi.bps.go.id dan Sosial Media BPS Provinsi Jambi (IG, FB, dan Youtube BPS Provinsi Jambi).

Ayo persiapkan diri menyambut pelaksanaan Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) Tahun 2022 dan Sensus Pertanian 2023

Baca berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Baca juga: Mengenal Lebih Dekat Mitra BPS

Baca juga: BPS Provinsi Jambi: Pojok Statistik di Unja Merupakan Akses Bagi Masyarakat yang Butuh Data

Baca juga: BPS Rilis Angka Kemiskinan di Batanghari, Jumlahnya Puluhan Ribu Jiwa

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved