Berita Jambi

Dosen Universitas Jambi Teliti Limbah Bunga Sawit, Ternyata Ampuh Membasmi Nyamuk

Dosen Program Studi farmasi, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi, Uce lestari berhasil meneliti limbah sawit jantan hingga mengha

ist
Dosen Universitas Jambi Teliti Limbah Bunga Sawit, Ternyata Ampuh Membasmi Nyamuk 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Dosen Program Studi farmasi, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi, Uce lestari berhasil meneliti limbah sawit jantan hingga menghasilan Repelan Spray.

Repelan spray memiliki manfaat antinyamuk yang memiliki aktivitas yang sangat kuat sebagai penolak terhadap nyamuk.

Uce menceritakan penelitiannya ini merupakan bagian dari pengabdian dia sebagai seorang dosen di Universitas Jambi.

"Kita sebagai dosen itu dituntut untuk melakukan penelitian, minimal dua kali dalam setahun," ujarnya Kamis (6/10/2022).

Tahun ini aja Uce telah melakukan tiga kali penelitian dan sudah ada yang lolos Dikti.

"Untuk penelitian bunga butelang sudah lolos Dikti," ujarnya.

Uce menceritakan dia sangat suka meneliti sawit khususnya limbah sawit karena di Jambi memiliki banyak kebun sawit dan sawit telah menjadi tonggak perekonomian Jambi.

"Dengan banyaknya perkebunan tentu ada limbah yang tidak bisa di manfaatkan, nah di situlah saya melakukan penelitian agar limbah sawit memiliki nilai ekonomi," ungkapnya.

Secara singkat Uce menjelaskan bunga sawit jantan tidak dapat berkembang secara sempurna menjadi buah, sehingga bunga sawit jantan akan gugur dan terbuang.

Sementara itu bunga sawit jantan banyak mengandung senyawa estragole yang memiliki aroma khas menyengat, sehingga dapat dimanfaatkan sebagai insektisida nabati yang digunakan untuk membunuh atau penolak nyamuk dan serangga (repellent).

Berdasarkan hal tersebut maka dalam pemanfaatan limbah bunga sawit jantan diformulasi dalam bentuk repelan spray penolak nyamuk.

"Saat ini belum ada ditemukan repelan spray ekstrak etanol cair bunga sawit jantan dipasaran," ujar Uce.

"Adapun tujuan dari penelitian ini ialah menemukan formula repelan spray ekstrak etanol cair bunga sawit jantan yang memiliki sifat fisik baik, stabil pada penyimpanan serta memiliki aktivitas sebagai penolak nyamuk secara alami serta aman dalam hal penggunaanya," ungkapnya.

Pada penelitian ini dibuat sediaan repelan spray dengan 3 formula, Kontrol positif dan control negatif.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved