Berita Tanjab Timur

Guci dan Mangkuk Keramik Kuno Era Dinasti Sung Ditemukan Warga Dendang Tanjabtim

Pecahan keramik hingga guci kuno kembali ditemukan di depan kantor desa Koto Kandis Dendang, Kecamatan Dendang, Kabupaten Tanjabtim.

Penulis: Rifani Halim | Editor: Suci Rahayu PK
Tribunjambi.com/Rifani Halim
Temuan keramik hingga guci kuno di depan kantor desa Koto Kandis Dendang, Kecamatan Dendang, Kabupaten Tanjabtim. 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARASABAK - Pecahan keramik hingga guci kuno kembali ditemukan di depan kantor desa Koto Kandis Dendang, Kecamatan Dendang, Kabupaten Tanjabtim.

Barang Kuno tersebut diduga berasal dari Cina dari masa Dinasti Sung abad ke-12 hingga 13 Masehi.

Menyinggung tentang Kabupaten Tanjung Jabung Timur, seolah tidak ada selesainya.

Temuan  keramik hingga guci kuno di depan kantor desa Koto Kandis Dendang, Kecamatan Dendang, Kabupaten Tanjabtim.
Temuan keramik hingga guci kuno di depan kantor desa Koto Kandis Dendang, Kecamatan Dendang, Kabupaten Tanjabtim. (Tribunjambi.com/Rifani Halim)

Selain kaya akan potensi sumber daya maritim, kabupaten termuda di provinsi Jambi ini juga ternyata kaya akan sejarah peradaban, budaya, hingga peninggalan benda kuno.

Ini dilihat Kabupaten Tanjung Jabung Timur merupakan masuk ke dalam wilayah Daerah Aliran Sungai atau DAS Batanghari.

Baru-baru ini, sejumlah warga Dusun Mawar, Desa Koto Kandis Dendang, Kecamatan Dendang, Kabupaten Tanjung Jabung Timur kembali menemukan benda kuno bernilai sejarah.

"Yang menemukan pertama itu warga disini, mencari upah mengali parit cacing di depan kantor desa baru. Dengan penasaran menggali terus menemukan pecahan, hingga akhirnya menemukan yang utuh berjenis mangkok," ujar Kepala Dusun Mawar Desa Koto Kandis Dendang, Abdullah, (30/9/2022).

Benda tersebut berupa pecahan mangkuk keramik, guci hingga kendi air minum yang diyakini berasal dari peradaban Cina, peninggalan masa Dinasti Sung abad ke 12 hingga 13 Masehi.

Baca juga: Loker Jambi 30 September 2022, Gaji Mencapai Rp7 Juta

Baca juga: Harga Sawit Jambi Tiga Kabupaten di Provinsi Jambi Kamis 29 September 2022 Ada Penurunan Harga

Hal itu berdasarkan corak identik dengan guci kuno yang pernah ditemukan di tempat lain di wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Dia mengatakan, barang-barang kuno tersebut ditemukan oleh warganya saat menggali lubang untuk membuat parit cacing, didekat pinggir sungai Batanghari sekitar dua hingga tiga bulan yang lalu.

Selain keramik, warga setempat juga sempat menemukan arca ataupun patung bentuk hewan berjenis singa seukuran 20 centimeter.

Setelah temuan ini, barang tersebut diamankan masyarakat setempat di rumah pribadi. Hanya saja mengenai temuan patung, dibawa ke Jambi oleh penemunya.

Sementara itu, warga juga pernah menemukan patung dengan bentuk singga. Namun, patung singga tersebut kini telah menghilang tidak tau keberadaan pastinya. Ditemukan oleh warga sekitar tiga bulan lalu.

"Patung singa itu tidak sengaja ditemukan juga, warga ini nyuci tangan tidak sengaja memijak batu yang rupanya patung bentuk singa. Ukurannya kira-kira 20 cm, dengan tinggi 15 cm. Sekarang kita tidak tau juga siapa yang pegang patung ini," tuturnya. (Tribunjambi.com/Rifani Halim)


Simak berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Baca juga: Loker Jambi 30 September 2022, Gaji Mencapai Rp7 Juta

Baca juga: Pendaftaran Lelang Jabatan Muaro Jambi ditutup, Hanya 14 Orang yang Minat

Baca juga: Sebelum Maju di Pilpres 2024, Ini Komitmen Anies Baswedan Terhadap DKI Jakarta

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved