Berita Tanjabtim

Tradisi Mandi Safar Air Hitam Laut dan Cerita Dahulu

Masyarakat yang mendekat ke pantai akan disiram oleh masyarakat setempat agar merasakan mandi safar Air Hitam Laut, guna keselamatan negeri.

Penulis: Rifani Halim | Editor: Rian Aidilfi Afriandi
TRIBUNJAMBI.COM/RIFANI HALIM
Tradisi mandi safar Air Hitam Laut 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARASABAK - Sorak gembira masyarakat mengangkat menara adat, berwarna hijau berbentuk menara masjid menuju Pantai Babussalam menandakan tradisi tahunan masyarakat Desa Air Hitam Laut, Kecamatan Sadu, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Jambi dimulai.

Ribuan masyarakat menggarak menara yang digantungi ratusan telur yang akan jadi rebutan masyarakat di bibir Pantai Babussalam.

Sesampainya di bibir pantai, masyarakat dan sejumlah tamu yang datang bersama-sama mendorong menara ke menjauh dari pantai hingga, mandi bersama.

Masyarakat yang datang wajib untuk para basah, bahkan tak boleh hanya sekedar.

Masyarakat yang mendekat ke pantai akan disiram oleh masyarakat setempat agar merasakan mandi safar Air Hitam Laut, guna keselamatan negeri.

Masyarakat bersiap untuk mengikuti tradisi mandi safar di Pantai Babussalam Desa Air Hitam Laut Kecamatan Sadu. Rabu (21/9/2022).
Masyarakat bersiap untuk mengikuti tradisi mandi safar di Pantai Babussalam Desa Air Hitam Laut Kecamatan Sadu. Rabu (21/9/2022). (tribunjambi/Rifani halim)

Sudah dua tahun mandi safar hanya digelar secara sederhana karena terhalang pandemi Covid-19.

Kini masyarakat dari berbagai daerah berdatangan untuk menyaksikan tradisi masyarakat setempat dan ikut mandi bersama di pantai Timur Jambi.

Tradisi mandi safar Air Hitam Laut memiliki ciri khas yang berbeda dari daerah-daerah lain yang juga memiliki tradisi ini.

Sebelum mandi safar masyarakat Air Hitam Laut melakukan sejumlah kegiatan persiapan munajat dan doa, pembuatan menara, Khatam Quran dan menuliskan doa di daun yang diikat di kepala.

Kegiatan ini, yang membuat mandi safar Air Hitam Laut memiliki ciri khas yang berbeda dari daerah-daerah lain.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved