Breaking News:

Renungan Kristen

Renungan Harian Kristen - Deteksi Dini Gejala Depresi

Bacaan ayat: Matius 11:28 (TB) Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.

Editor: Suci Rahayu PK
ist
Ilustrasi renungan harian 

Renungan Harian Kristen - Deteksi Dini Gejala Depresi

Bacaan ayat: Matius 11:28 (TB) Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.

Oleh Pdt Feri Nugroho

"Aku lelah..!!", adalah dua kata yang ketika dirangkai dan diucapkan oleh seseorang dalam nada lirih, menjadi kalimat horor bagi seorang pembimbing atau mentor yang sedang berbincang dalam ruang pastoral. Dua kata tersebut bermakna banyak.

Bisa jadi memang lelah dalam arti harafiah. Setelah bekerja seharian tanpa istirahat, wajar jika kemudian menjadi lelah. Solusinya, istirahat cukup maka tubuh akan kembali bugar.

Itu sebabnya malam itu ada, agar segala mahkluk dapat beristirahat setelah berjerih lelah di bawah matahari.

Namun bagi sebagian orang, setelah istirahat, ternyata masih juga mengalami kelelahan. Seorang dokter akan mendiagnosis bahwa ada jenis penyakit tertentu yang sedang dialami dengan gejala awal kelelahan.

Obat akan diberikan sebagai solusi dan akhirnya sembuh. Jika ternyata fisik sehat namun tetap lelah, maka ada kemungkinan dua kata tersebut mengungkap fakta lain, yaitu kelelahan secara psikis, mental atau pikiran. Jika kemungkinan ini yang terjadi maka perlu diwaspadai.

Kelelahan jenis ini menjadi gejala awal stress yang bisa mengarah kepada depresi. Jika dibiarkan akan menciptakan halusinasi.

Bisa berakhir dengan membunuh diri sendiri atau menciptakan dunia sendiri yang kemudian dinyatakan sebagai ODGJ.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved