Berita Tanjab Timur

Harga Buah Kelapa di Tanjabtim Jambi Sangat Memperihatinkan

Petani di Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), mengeluhkan rendahnya harga jual buah kelapa. Harga jual buah kepala di Kabupaten Tanjabtim, terkhusus di

Penulis: Rifani Halim | Editor: Suci Rahayu PK
Tribunjambi.com/Rifani Halim
Petani di Tanjabtim mengeluhkan rendahnya harga buah kelapa. Dalam tiga bulan terakhir harga buah kelapa hanya Rp 600 per butir. 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARASABAK - Petani di Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), mengeluhkan rendahnya harga jual buah kelapa. Harga jual buah kepala di Kabupaten Tanjabtim, terkhusus di Desa Teluk Majelis, Kecamatan Kuala Jambi hanya Rp 600 per butir bertahan selama tiga bulan terakhir.

Dengan harga kelapa saat ini, tentunya membuat mayoritas petani di Teluk Majelis kewalahan karena harga kebutuhan dan BBM yang kian hari kian naik. Dinilai tidak berimbang dengan pendapatan para petani.

Sudirman petani Kelapa Desa Teluk Majelis mengatakan, harga buah kelapa yang kian hari, kian anjlok ini sangat membuat masyarakat yang berprofesi sama dengannya sangat kesulitan untuk memenuhi kebutuhan hidup.

“Bagaimana tidak, pendapatan saya hanya mengandalkan dari buah kelapa itu saja. Dan dengan harga yang sangat anjlok ini tentu saja sangat membuat saya kesulitan,” katanya, Minggu (18/9/2022).

Baca juga: Prakiraan Cuaca Jambi Besok Senin 19 September 2022, BMKG : Waspada Cuaca Ekstrem di 6 Wilayah

Baca juga: Harga Sawit Jambi - Di Tanjabtim Rp 1.450- 1.500 per Kg, Pertani Berharap Naik

Dia menyebutkan, kondisi saat ini dinilai para petani kelapa di pesisir Tanjabtim ini menjadikan kesulitan hidup semakin kompleks.

"Harganya turun, BBM Naik Jadi lengkap sudah permasalahannya,” sebutnya.

Ia menambahkan, ditengah himpitan kesulitan yang dialami para petani di Teluk Majelis ini, membuat para petani mau, tidak mau harus tetap menjual buah kelapa. Ketimbang, tidak mendapatkan uang untuk kebutuhan rumah.

"Kami berharap agar pemerintah menaikkan harga kelapa agar dapat berimbang dengan harga BBM dan sembako saat ini," tuturnya. (Tribunjambi.com/Rifani Halim)

Simak berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Baca juga: Prakiraan Cuaca Jambi Besok Senin 19 September 2022, BMKG : Waspada Cuaca Ekstrem di 6 Wilayah

Baca juga: Truk Fuso Pengangkut Sawit dan Dump Truk Tabrakan di Lingkar Selatan Jambi

Baca juga: Pengamat Sebut Operasi Pasar dan ASN Beli Beras Lokal Bukan Sebuah Kebijakan Menekan Inflasi

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved