Berita Kerinci

Dewan Kerinci Minta BPJN IV Jambi Perhatikan Jalan Nasional yang Rawan Longsor

BPJN IV Jambi, diminta untuk memperhatikan Jalan Nasional yang dibeberapa titik terjadinya rawan longsor yakni jalur Kerinci - Bangko dan Sungaipenuh

Penulis: Herupitra | Editor: Suci Rahayu PK
Tribunjambi.com/Herupitra
Jalan nasional di Kerinci Jambi rawan longsor 

TRIBUNJAMBI.COM, KERINCI - Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) IV Jambi, diminta untuk memperhatikan Jalan Nasional yang dibeberapa titik terjadinya rawan longsor yakni jalur Kerinci - Bangko dan Sungaipenuh - Tapan.

Pasalnya, jika dibiarkan tentunya akan berdampak pada ekonomi masyarakat jika terus - menerus akan terjadinya bencana longsor yang menimbun jalan, sehingga mengakibatkan mobil terjebak longsor hingga beberapa jam.

Pimpinan DPRD Kerinci, Boy Edwar dikonfirmasi mengatakan, bahwa kondisi jalan nasional yang menghubungkan Kerinci - Bangko dan Sungaipenuh - Tapan, merupakan jalur yang sangat rawan akan terjadi longsor.

Hal tersebut terbukti dengan beberapa Tahun terakhir ini, selalu saja terdampak kejadian longsor yang sangat parah, sehingga kendaraan tidak bisa lewat.

Baca juga: Festival Kampung Senaung Sukses Digelar, Ratusan Warga Muaro Jambi Antusias Hadiri Kegiatan Tersebut

Baca juga: 81 Kepala Sekolah di Merangin Dilantik Wakil Bupati, Berikut Daftar Namanya

"Kondisi jalan Nasional di Kerinci menuju Bangko dan Sungaipenuh menuju Tapan, banyak terdapat bukit yang terjal dan badan jalan yang terus saja terkikis karna banyaknya jurang," beber Boy Edwar.

Tentunya menurut Politisi partai berlambang Pohon Beringin ini, bahwa harus adanya tindakan dan antisipasi dini oleh pihak BPJN IV Jambi, sebelum terlalu jauh berdampak terhadap ekonomi masyarakat nantinya jika sudah terjadi bencana.

"Bila kondisi jalan Nasional di beberapa titik ini tidak di tangani segera, ini bisa juga berdampak buruk terhdap transportasi lalulintas barang. Keluar masuk dan mengganggu ekomomi masyarakat, apalagi Kerinci terkenal sebagai pemasok hasil tani / hortikultura untuk kebutuhan sehari - hari untuk wilayah Sumatera dan Jawa, bisa jadi dampak infalasi semakin tinggi," ucapnya.

Menurutnya, terdapat ada beberapa solusi awal yang harus dilakukan seperti untuk segera melakukan pembangunan pelapis tebing pada ruas jalan nasional di Kerinci - Bangko dan Sungaipenuh - Tapan Pasalnya pada titik tersebut sangat rawan terjadinya bencana longsor hingga menimbun badan jalan.

"Buktinya saja longsor yang terjadi baru-baru ini di jalan Kerinci - Bangko, dimana warga yang melintas harus terjebak hingga beberapa jam lebih. Makanya, kita meminta BPJN dapat segera melakukan pembangunan pelapis tebing dan memperhatikan badan jalan yang terkikis, sebagai langkah antisipasi longsor," tegas Boy Edwar, yang tak lain juga merupakan Ketua DPD II Partai Golkar Kerinci.

Baca juga: Harga Buah Kelapa di Tanjabtim Jambi Sangat Memperihatinkan

"Bukan hanya itu saja, alat berat juga harus stanby baik di Muara Hemat maupun di Puncak arah Tapan," tambahnya.

Dikarenakan jalan tersebut beberapa titik merupakan termasuk dalam wilayah TNKS, tentunya harus kerjasama semua pihak agar maksimal. Seperti TNKS, Kehutanan dan PUPR Provinsi Jambi.

"Kita sangat berharap adanya respon yang cepat dari BPJN IV Jambi, karna ini berdampak langsung dengan masyarakat," pungkasnya. (Tribunjambi.com/Herupitra)


Simak berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Baca juga: 81 Kepala Sekolah di Merangin Dilantik Wakil Bupati, Berikut Daftar Namanya

Baca juga: Festival Kampung Senaung Sukses Digelar, Ratusan Warga Muaro Jambi Antusias Hadiri Kegiatan Tersebut

Baca juga: DPRD Jambi Desak Dishub Selesaikan Pemasangan Nomor Lambung Angkutan Batu Bara

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved