Editorial

Sumur Minyak Ilegal Masih Ada

Aktivitas penambangan sumur minyak ilegal di Provinsi Jambi tidak benar-benar hilang. Sumur minyak ilegal masih ada.

Editor: Deddy Rachmawan
TRIBUN JAMBI/ARYO TONDANG
Polisi membongkar pondok di kawasan sumur minyak ilegal di Desa Bukit Subur, Kecamatan Bahar Selatan, Rabu (7/9/2022) 

Aktivitas penambangan sumur minyak ilegal di Provinsi Jambi tidak benar-benar hilang. Sumur minyak ilegal masih ada.

Awal Juni 2022 lalu, personel Polres Muarojambi menemukan aktivitas illegal drilling di sejumlah lokasi di Dusun Tanah Merah, Desa Bukit Subur, Kecamatan Bahar Selatan.

Ternyata, pelaku penambang di sumur minyak itu seakan tidak takut dengan aparat keamanan. Padahal, setahun yang lalu terjadi kebakaran besar di sumur minyak ilegal di Desa Bungku, Kecamatan Bajubang, Kabupaten Batanghari.

Peristiwa kebakaran di sumur minyak ilegal itu berlangsung cukup lama, dan membakar sekitar 2,5 hektare hutan yang berada di sekitar lokasi.

Bukan hanya itu, tak sedikit pelaku yang beraktivitas di sumur minyak ilegal, bahkan ada oknum polisi yang ditangkap, lagi-lagi pelaku masih nekat beraktivitas.

Terbaru, personel Ditreskrimsus Polda Jambi dan Polres Muarojambi menemukan sumur minyak ilegal di Unit 7, Desa Bukit Subur, Bahar Selatan, Muaro Jambi, Selasa (6/9).

Tak tanggung-tanggung, 11 tersangka diamankan petugas dari titik ini. Di lokasi,  terdapat puluhan kolam penampungan dan sumur ilegal.

Di atas lahan sekira 5 hektare, tampak pondok-pondok dibangun pemilik sumur sebagai tempat untuk berteduh atau menginap ketika proses pengeboran minyak ilegal berlangsung.

Di kawasan ini, diperkirakan terdapat 50 titik sumur lengkap dengan mesin rig, yang digunakan untuk proses pengeboran. Di lokasi juga ditemukan sejumlah sepeda motor, yang digunakan untuk proses penarikan mesin rig.

Baca juga: Polda Jambi Cari Pemodal Puluhan Sumur Minyak Ilegal di Sungai Bahar Muaro Jambi

Masih adanya aktivitas sumur minyak ilegal ini harus mendapat perhatian serius dari aparat kepolisian. Bongkar semua sampai ke akar-akarnya. Jangan hanya ke pelaku di lapangan, tapi usut sampai pemodal  penambangan minyak ilegal ini.

Beri efek jera pada pelaku-pelaku penambangan di sumur minyak ilegal. Jangan kasih kesempatan mereka untuk berbuat lebih jauh yang bisa merugikan banyak pihak. 

Baca juga: Ketua DPRD Provinsi Jambi Apresiasi Polda Jambi Berantas Illegal Drilling di Jambi

Kalau perlu ambil tindakan tegas. Sebab Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sudah memerintahkan jajarannya untuk mengambil tindakan tegas terkait aktivitas ilegal, salah satunya penambangangan minyak ilegal ini.(*)

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved