Berita Tanjabtim

Pemkab Tanjabtim Targetkan SPIP 2023 Naik Level Tiga

Pemerintah Kabupaten Tanjabtim melaksanakan event penggalangan komitmen organisasi perangkat daerah untuk meningkatkan akuntabilitas kinerja.

Penulis: Rifani Halim | Editor: Rian Aidilfi Afriandi
tribunjambi/abdullah usman
Bupati Tanjung Jabung Timur Romi Hariyanto, saat dikonfirmasi awak media Jumat (23/8/2019) 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARASABAK - Pemerintah Kabupaten Tanjabtim melaksanakan event penggalangan komitmen organisasi perangkat daerah untuk meningkatkan akuntabilitas kinerja.

Penggalangan komitment berbentuk penandatanganan fakta integritas yang disaksikan langsung oleh kepala BPKP Jambi, Sueb Cahyadi berserta jajarannya dan Seluruh kepala OPD.

Ke depan kinerja setiap OPD akan mengacu pada alur kerja terpadu. Mulai perencanaan, pelaksanaan hingga pengawasan, ego sektoral akan diminimalisir.

Kinerja setiap OPD terintegrasi dengan sasaran goal tercapainya sasaran sebagaimana visi misi daerah.

Bupati Tanjabtim Romi Hariyanto, saat membuka acara mengingatkan bahwa pengendalian kinerja Pemkab selama ini sudah diterapkan.

Hanya saja, masih cenderung belum terdokumentasi dengan baik. Pelaksanaannya masih bergantung pada individu pelibatan unsur organisasi menyeluruh belum optimal.

“Indikasinya, maturitas atau kematangan SPIP kita masih di level 2,409 atau berkembang,”kata Romi, Rabu (7/9/2022).

Lanjutnya, sesuai RPJM Tanjabtim, pada 2023 seharusnya SPIP Tanjabtim harus mencapai level tiga atau terdefinisi.

Ia juga menyatakan sangat mendukung upaya percepatan yang digaungkan melalui komitmen para OPD dan mengingatkan komitmen ini tidak hanya sebatas seremoni.

“Saya minta laporan progresnya secara berkala, saya minta inspektorat mengawasi ini. Berkala akan kita evaluasi,” katanya.

SPIP adalah sistem pengawasan intern pemerintah. Sistem ini dibangun pemerintah sesuai amanat PP nomor 60 tahun 2008. Guna memastikan pelaksanaan terbangunnya sistem ini di semua organisasi pemerintahan, BPKP diberi mandat sebagai pembina penyelenggaraan SPIP.

“Saya juga berterima kasih BPIP Jambi proaktif memastikan berjalannya SPIP ini, dan kami semua berharap BPKP bisa memberikan bimbingan dan arahan demi efektifnya rencana kerja terkait penguatan SPIP ini kedepan,”tutupnya.

Simak berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Baca juga: Harga BBM Naik, Pelaku Usaha UMKM di Tebo Menjerit

Baca juga: Puluhan Anggota Ormas Anti Korupsi Geruduk Kejari Tebo, Ini yang Dituntut

Baca juga: Besok 15 Kepala OPD Lingkup Pemprov Jambi akan Jalani Asesmen Dalam Rangka Evaluasi Kinerja

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved