Mengukur Bahagia Dengan Indeks

Sedangkan secara biologis kebahagiaan merupakan rasa yang timbul dari bekerjanya sistem biologis yang terdiri dari saraf

Editor: Rahimin
Istimewa
Kanto Badan Pusat Statistik 

Oleh : Yulfarina Rafiol, S.Tr.Stat.

Fungsional pada Badan Pusat Statistik Kabupaten Tebo

Merasa bahagia adalah hak semua orang. Kebahagiaan dapat dicapai dengan cara yang sederhana. Ada orang yang bahagia saat makan, ada yang bahagia saat bisa berkumpul bersama keluarga. Nah, sebenarnya apa itu kebahagiaan?

Secara umum, kebahagiaan dapat diartikan sebagai rasa puas seseorang terhadap hidupnya. Sedangkan secara biologis kebahagiaan merupakan rasa yang timbul dari bekerjanya sistem biologis yang terdiri dari saraf, neuron, sinapsis dan sekresi hormon serotonin, oksitosin dan dopamin. Sedangkan menurut KBBI, kebahagiaan merupakan kesenangan dan ketentraman hidup lahir dan batin.

Sejak tahun 2014, Badan Pusat Statistik (BPS) telah mendata tingkat kebahagiaan masyarakat Indonesia secara terukur melalui Survei Pengukuran Tingkat Kebahagiaan (SPTK) yang diselenggarakan setiap 3 tahun sekali. Indeks Kebahagiaan ini menggunakan (1) Dimensi Kepuasan Hidup yang terdiri dari 2 (dua) subdimensi, yaitu: Subdimensi Kepuasan Hidup Personal dan Subdimensi Kepuasan Hidup Sosial, (2) Dimensi perasaan (affect), dan (3) Dimensi makna hidup (Eudaimonia).

Pada tahun 2021, BPS merilis indeks kebahagiaan Indonesia adalah 71,49, nilai ini mengalami peningkatan sebesar 0,8 poin dibanding tahun 2017. Jika dilihat dari dimensi penyusunnya, Indeks dimensi kepuasan hidup sebesar 75,16, Indeks dimensi perasaan sebesar 65,61 dan Indeks dimensi makna hidup sebesar 73,12.

BPS juga mengukur Indeks Kebahagiaan berdasarkan provinsi. Provinsi Jambi menduduki peringkat ke-4 di Indonesia dengan Indeks Kebahagiaan sebesar 75,17 dan menjadi provinsi paling bahagia di pulau Sumatera. Hal ini menunjukkan masyarakat Jambi merasa nyaman dan bahagia hidup di Provinsi Jambi.

Selain Indeks Kebahagiaan, hasil dari SPTK Tahun 2021 lainnya dapat dilihat di Publikasi BPS: Indeks Kebahagiaan 2021. (Data Jambi/BPS Kabupaten Tebo)

---

Informasi Indikator Statistik dan Data Jambi terkini dapat diakses melalui jambi.bps.go.id dan Sosial Media BPS Provinsi Jambi (IG, FB, dan Youtube BPS Provinsi Jambi).

Ayo persiapkan diri menyambut pelaksanaan Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) Tahun 2022 dan Sensus Pertanian 2023

Baca juga: BPS Perbarui Wilkerstat ST2023 Dengan Pencitraan Satelit

Baca juga: BPS Provinsi Jambi dan Unja Luncurkan Aplikasi POSITIV

 

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved