Berita Tanjabtim

Dinas Kesehatan Tanjabtim Catat Tiga Kasus HIV/AIDS Selama 2022

Sepanjang tahun 2022, sebanyak tiga orang warga kabupaten Tanjabtim terinfeksi HIV/AIDS, angka ini naik setelah dalam kurun waktu dua tahun terakhir n

Penulis: Rifani Halim | Editor: Rian Aidilfi Afriandi
TRIBUNJAMBI.COM/RIFANI HALIM
Kepala Dinas Kesehatan Tanjabtim Ernawati 

TRIBUNJAMBI. COM, MUARASABAK - Sepanjang tahun 2022, sebanyak tiga orang warga kabupaten Tanjabtim terinfeksi HIV/AIDS, angka ini naik setelah dalam kurun waktu dua tahun terakhir nihil kasus.

Dinas Kesehatan Tanjabtim terus melakukan berbagai upaya menekan angka Orang Dengan HIV/AIDS dengan menggencarkan sosialisasi ke berbagai kalangan termasuk di lingkungan sekolah dan perkampungan yang rentan terjadi penularan.

Kepala Dinas Kesehatan Tanjabtim Ernawati mengatakan, berdasarkan data dari bulan Januari hingga Agustus 2022 ada tiga kasus HIV/AIDS di kabupaten Tanjung Jabung Timur.

"Berdasarkan kategori, kasus ini menyerang dua orang laki-laki dan satu orang perempuan dengan rerata usia produktif.
Ketiga temuan kasus ini didapat dari hasil skrining pihak puskesmas di tiap kecamatan," ujarnya, Senin (5/9/2022).

Terhadap tiga orang pengidap virus mematikan ini, pihak dinas kesehatan setempat mengklaim telah memberikan pengobatan sesuai prosedur.
Sebab kabupaten Tanjung Jabung timur baru memiliki izin pengobatan penderita HIV/AIDS di awal tahun 2022.

Sebelumnya selama ini, bagi penderita yang terindikasi HIV-AIDS langsung diambil alih oleh dinas kesehatan Provinsi Jambi.

Ernawati mengimbau kepada seluruh masyarakat setempat untuk bisa menghindari penyakit HIV/AIDS dengan menjauhi narkoba hingga tidak melakukan seks bebas.

"Adanya kasus penyakit ini, masyarakat kabupaten Tanjung Jabung Timur diminta untuk tidak sampai melakukan diskriminasi kepada orang dengan HIV/AIDS," imbauannya.

Jika ada warga yang merasa berisiko terhadap penularan HIV ini/ maka bisa mengakses layanan konsultasi dan pemeriksaan HIV atau poli VCT, yang ada di semua Puskesmas di kabupaten Tanjung Jabung Timur, ataupun juga di Rumah Sakit Umum Daerah Nurdin Hamzah Muara Sabak.

Simak berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Baca juga: Penerimaan Bantuan Iuran BPJS Kesehatan Gratis di Tanjabtim Tengah Dilakukan Pendataan

Baca juga: Mayang Sempat Berfikir Jelek saat Masuk Kuliah: Aku kira bakal dijutekin

Baca juga: Ratusan ASN Tebo Dikukuhkan, Ini Pesan Sekda

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved