Tim Kenduri Swarnabhumi Tiba di Batanghari, Bakhtiar Ceritakan Kejayaan di Pertigaan Tembesi

Wakil Bupati Batanghari, Bakhtiar menyambut kedatangan Tim Kenduri Swarnabhumi 2022 di Tugu Kedaulatan, Kelurahan Pasar Muara Tembesi.

Penulis: A Musawira | Editor: Teguh Suprayitno
Tribunjambi/Musawira
Wakil Bupati Batanghari, Bakhtiar menyambut kedatangan Tim Kenduri Swarnabhumi 2022 di Tugu Kedaulatan, Kelurahan Pasar Muara Tembesi, Batanghari, Jambi pada Jumat (26/8/2022). 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARABULIAN-Wakil Bupati Batanghari, Bakhtiar menyambut kedatangan Tim Kenduri Swarnabhumi 2022 di Tugu Kedaulatan, Kelurahan Pasar Muara Tembesi, Batanghari, Jambi pada Jumat (26/8/2022).

Tim ini tiba di Batanghari setelah bertolak dari Kabupaten Tebo melalui jalur Sungai Batanghari.

Wabup dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini sudah lama dinanti-nanti, sebab di lokasi ini dahulunya pernah terjadi kejayaan terutama di Simpang tiga Muara Tembesi.

“Kejayaan itu tentunya melalui transportasi Sungai Batanghari. Pintu masuknya ada di Tanjung Jabung Timur hingga hulu ke Provinsi Sumatra Barat. Jadi daerah kita berada di pertigaan Sungai Batanghari,” ujarnya.

Dengan kondisi itu tentu sudah banyak hal yang sudah diinisiasi Pemerintah Daerah untuk mengenang sejarah bahwa di sini sudah terjadi perdagangan rempah melalui Sungai Batanghari.

Baca juga: Tim Swarnabhumi Tiba di Batanghari, Wakil Bupati Bakhtiar Sambut dengan Naik Garudo

“Wajar saja di lokasi ini banyak warga keturunan Tionghoa yang bermukim di sini. Setelah itu barulah masuk kapal-kapal VOC, setelah VOC berkembang dengan baik, maka kolonial belanda membuat pusat pemerintahan yang ada di Simpang 3 Muara Tembesi,” ucapnya.

Kolonial Belanda pun kata Bakhtiar sudah membuat pusat pemerintahan dengan membangun 26 gedung pemerintahan bahkan ada sumur tua dari peninggalan Belanda.

“Pada masa sekarang kita mengenalnya dengan sebutan Benteng Muara Tembesi. Maka dari itu keinginan Pemda mengembalikan kejayaan Pasar Muara Tembesi ini menjadi pusat perdagangan atau pun jalur rempah di Jambi,” ucapnya.

Baca juga: Fadhil Arief Ungkap Output dan Outcome Bagi Masyarakat Saat Kenduri Swarnabhumi di Batanghari

Sungai Batanghari dengan panjang 800 kilometer, lebih kurang 176 kilometer berada di Wilayah Batanghari. Dengan begitu ada banyak Objek Diduga Cagar Budaya yang patut dilestarikan keberadaanya.

Simak berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved