Berita Sarolangun

Program Magang ke Jepang di Sarolangun Masih Cukup Diminati Anak Muda

Program magang ke Jepang yang telah bergulir sejak tahun 2016 lalu terus dilakukan oleh Pemerintah Sarolangun, kali ini Dinas tenaga kerja dan transmi

TRIBUNJAMBI.COM/ABDULLAH USMAN
Kabid pelatihan produktivitas, penempatan dan pengembangan tenaga kerja Nakertrans Sarolangun Khairil 

TRIBUNJAMBI.COM, SAROLANGUN - Program magang ke Jepang yang telah bergulir sejak tahun 2016 lalu terus dilakukan oleh Pemerintah Sarolangun, kali ini Dinas tenaga kerja dan transmigrasi Kabupaten Sarolangun berangkatkan 15 peserta.

Dikatakan Kabid pelatihan produktivitas, penempatan dan pengembangan tenaga kerja Nakertrans Sarolangun Khairil, Kamis (25/8/2022) menuturkan, program magang ke jepang sendiri telah berjalan sedari tahun 1994 dan pernah berhenti.

"Dan baru pada tahun 2016 program tersebut di Sarolangun kembali digelar," ujarnya.

Penyebab sempat vakum nya program tersebut, karena pada saat itu ada kesalahan yang dilakukan peserta magang, sehingga provinsi jambi di blacklist pemerintah pusat dan dari pihak jepang langsung selama beberapa tahun.

"Sesuai peraturannya, jika ada peserta yang lari atau kabur dari tugas pemagangan selama kontrak berjalan, maka Provinsi bersangkutan akan mendapat sanksi, " jelasnya.

Pada tahun ini sendiri Nakertrans Sarolangun telah memberangkatkan beberapa peserta yang sesuai kriteria, dan saat ini dalam proses seleksi di tingkat Provinsi Jambi.

"Ada sebanyak 15 orang yang kita latih, namun ada beberapa dari mereka yang gugur atau mengundurkan diri. Saat ini ada 8 orang tersisa yang tengah mengikuti tahap medical cek up, " jelasnya.

Untuk tahap selanjutnya, saat ini pihaknya masih menunggu tindak lanjut atau proses lanjutan dari Provinsi Jambi, untuk pembekalan bahasa jepang yang digelar di Provinsi dan Jakarta.

Simak berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Baca juga: Ketua DPRD Provinsi Jambi Hadiri Rapat Terkait Resolusi Penyediaan Lahan SAD 113

Baca juga: ‘Aku Susah’, Tingkah Teuku Ryan Saat Baby Moana Tidur Bikin Ria Ricis Kesal

Baca juga: Tanggapan DPRD Batanghari Soal Kenaikan BBM Subsidi, Jaafar: Antrean di SPBU Sangat Luar Biasa

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved