UMKM Jambi

Keripik dari Kulit dan Jantung Pisang, Seperti Apa Rasanya?

Sejumlah UMKM ikuti pameran di acara hari ulang tahun Angkasapura II Jambi ke-38 tahun di Bandara Sultan Thaha Jambi pada Sabtu (13/8).

Penulis: Wira Dani Damanik | Editor: Teguh Suprayitno
Tribunjambi/Wira Damanik
Sejumlah UMKM ikuti pameran di acara hari ulang tahun Angkasapura II Jambi ke-38 tahun di Bandara Sultan Thaha Jambi pada Sabtu (13/8). 

 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Sejumlah UMKM ikuti pameran di acara hari ulang tahun Angkasa Pura II Jambi ke-38 tahun di Bandara Sultan Thaha Jambi pada Sabtu (13/8).

Ada hal menarik dalam pameran UMKM tersebut, seorang pelaku UMKM, Dwi Sunarsih membuat produknya dari bahan yang terbuang dari pisang.

Ia membuat aneka keripik dari kulit dan jantung pisang. Ia mengatakan, munculnya ide membuat keripik tersebut, karena sudah sering melakukan percobaan da berhasil.

"Kalau saya pengen bikin, coba, insyaAllah jadi gitu. Ide dari diri sendirilah buat keripik ini," ujar Dwi.

Dalam membuat keripik olahan dari bahan kulit pisang, dwi melakukan fermentasi selama 2 hari penuh dengan merendam pakai garam.

"Nanti setelah 1 malam, kulit pisang yang difermentasi diganti air, lalu setelah 2 hari langsung digoreng tanpa dikeringkan," katanya.

Baca juga: Kreatif, Entjik Sulap Sampah Pelepah Pinang Jadi Peci

Dwi mengatakan dirinya memang sering mencoba membuat keripik makanan dari bahan yang sering terbuang seperti, kulit ubi kayu, daun salam.

"Saya memang coba sendiri, dimakan binatang aja gak mabuk gitu, jadi saya coba olah itu, ini juga upaya mengurangi sampah," lanjutnya.

Dwi sudah memasarkan produk UMKM-nya ke berbagai tempat dan ia sudah memiliki 8 jenis produk dari bahan baku pisang.

"Kalau saya sudah pasarkan di tempat terapi cukup laris karena orang ngantri sambil nyemil, lalu di pusat oleh-oleh dan di rumah sendiri di Tanjung Katun, Maro Sebo. Sejauh ini masih 8 jenis keripik dari bahan pisang," pungkasnya.

Baca juga: Zasoqan Berkah, UMKM Jambi dengan Produk Kerajinan Tangan di Jambi

Baca berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

 


 

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved