Perkebunan Masih Jadi Andalan

Pulau Jawa dari dulu memang dikenal sebagai lumbung tanaman pangan, khususnya padi secara nasional

Editor: Rahimin
Istimewa
Potensi perkebunan di Pulau Sumatera memang sangat mendominas 

Perkebunan Masih Jadi Andalan

Oleh: Septie Wulandary, SST, M.Stat

Statistisi Ahli Muda, BPS Provinsi Jambi

TRIBUNJAMBI.COM - Jika Pulau Jawa adalah surga untuk komoditas tanaman pangan, maka Pulau Sumatera adalah nirwana untuk perkebunan.

Sebenarnya kalimat tersebut tidaklah berlebihan untuk menggambarkan kondisi topografi di Indonesia. Pulau Jawa dari dulu memang dikenal sebagai lumbung tanaman pangan, khususnya padi secara nasional.

Lebih dari setengah produksi padi nasional atau 56 persen dihasilkan di tanah Jawa, dengan total 30,7 ton Gabah Kering Giling (GKG) di 2021. Hal ini seiring dengan besarnya luas panen.

Analisis cluster (pengelompokkan) potensi produksi padi di Indonesia yang dilakukan para peneliti menunjukkan bahwa Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Jawa Timur berada dalam kelompok yang sama, yaitu kelompok dengan potensi produksi padi terbesar.

Hal yang sama pun dijawab BPS melalui hasil rilis resminya pada awal Maret lalu. Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat di tahun 2021 merupakan tiga provinsi dengan potensi produksi padi (GKG) tertinggi pada Januari hingga April 2021.

 Jika berbicara perkebunan, maka Pulau Sumatera mengambil peran terdepan. Potensi perkebunan di Pulau Sumatera memang sangat mendominasi. Data BPS tahun 2021 menunjukkan produksi komoditas perkebunan, di antaranya kelapa sawit, karet, kelapa, kopi, dan pinang, terbesar berada di Pulau Sumatera.

Sekitar 53 persen produksi sawit nasional dihasilkan di Pulau Sumatera, yaitu 24,4 juta ton di tahun 2021. Produksi karet provinsi di Pulau Sumatera sebesar 2,2 juta ton atau 70 persen secara nasional, kelapa 722 ribu ton atau 25 persen, dan kopi 374 ribu ton atau 48 persen.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved