Bawaslu Pantau BPD di Tanjab Timur Nakal yang Masuk Kepengurusan Parpol

Bawaslu Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) mewanti-wanti anggota BPD agar tidak masuk ke dalam kepengurusan parpol.

Penulis: Rifani Halim | Editor: Teguh Suprayitno
Tribunjambi/Rifani
Anggota Bawaslu Kabupaten Tanjabtim, Saparuddin. 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARASABAK- Tahapan pesta demokrasi tahun 2024 masih dalam proses pendaftaran parpol. Bawaslu Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) mewanti-wanti anggota BPD agar tidak masuk ke dalam kepengurusan parpol.

Dalam tahapan ini juga rawan terjadinya anggota badan perwakilan desa atau BPD yang masuk ke dalam kepengurusan parpol.

Anggota Bawaslu Kabupaten Tanjabtim Saparuddin mengatakan, dalam proses pendaftaran partai politik hingga verifikasi administrasi dan faktual, pihaknya terus melakukan pengawasan dan pemantauan.

"Meminta dan mengingatkan kepada seluruh anggota BPD agar tidak masuk ke dalam kepengurusan parpol. Keanggotaan maupun kepengurusan parpol, tidak boleh nanti bertentangan dengan undang-undang yang berlaku," ujarnya, Selasa (9/8/2022).

Lanjutnya, berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 110 Tahun 2016 Pasal 26 huruf F dan H menyebutkan, anggota BPD dilarang menjadi Anggota DPR dan DPRD  serta pengurus partai politik.

Selain itu, hal tersebut tertera dalam Undang–Undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa yakni Anggota BPD dilarang menjadi anggota DPR dan DPRD serta Pengurus Partai Politik.

"Bawaslu Kabupaten Tanjung Jabung Timur terbuka menerima laporan masyarakat setempat jika mendengar adanya anggota BPD masuk ke dalam kepengurusan parpol," tuturnya.

(Tribun Jambi/ Rifani Halim)

Baca juga: Bawaslu Tanjabtim Tunggu Petunjuk Pengaktifan Gakumdu

Baca juga: Rapiqoh Febrianti Kenang Selama Bertugas di Bawaslu Provinsi Jambi

Baca berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved