Penyakit SE Mengancam Ternak Warga di Batanghari, 59 Kerbau Sudah Terpapar

Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) Kabupaten Batanghari mencatat sebanyak 59 ekor ternak terpapar bakteri Septicaemia Epizootica (SE).

Penulis: A Musawira | Editor: Teguh Suprayitno
Tribunjambi/Musawira
Tuanku Hafiq Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Disbunak Kabupaten Batanghari. 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARABULIAN-Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) Kabupaten Batanghari mencatat sebanyak 59 ekor ternak terpapar bakteri Septicaemia Epizootica (SE).

Ada tiga kecamatan hewan ternak milik masyarakat terjangkit virus ini diantaranya di Kecamatan Muara Bulian, Maro Sebo Ilir dan Kecamatan Mersam.

Informasi ini disampaikan Tuanku Hafiq Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Disbunak Kabupaten Batanghari, Minggu (7/8/2022).

Ia mengatakan untuk di Kecamatan Muara Bulian di Desa Malapari, hewan ternak yang terpapar berjumlah 25 ekor dan Desa Tenam ada 2 ekor.

Untuk di Kecamatan Maro Sebo Ilir di Desa Terusan ada 3 ekor. Dan di Kecamatan Mersam di Kelurahan Kembang Paseban dan Kembang Tanjung dengan total 29 ekor.

Baca juga: Ribuan Ternak di Batanghari Sudah Divaksin PMK, Tinggal 2 Kecamatan Ini

Adapun dari jumlah itu, ucapnya yang sudah potong bersyarat berjumlah 30 ekor. Selebihnya masih dalam pengobatan.

“Bakteri SE ini bisa menyerang hewan sejenis sapi, kerbau, domba dan kambing, namun saat ini rata-rata pada kerbau yang ditandai ngorok, demam tinggi, nafsu makan bekurang, dan lemah,” katanya.

Karenanya penanganan yang dilakukan Disbunak Batanghari satu diantarnya melalukan pengobatan secara masif dengan memberi antibiotik dan vitamin terhadap hewan ternak tersebut.

Baca juga: Penyakit SE Serang Kerbau Warga Muaro Jambi, Lebih Berbahaya Dibandingkan PMK

“Kita juga sediakan dosis vaksin SE yang dibantu oleh provinsi. Sebanyak 500 dosis vaksin SE akan disuntikan. Diharapkan dapat mengurangi penyebaran bakteri SE ini,” pungkasnya.

Baca berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved