Buat Motif Batik Khas Pesisir Jambi, Cara Perempuan Tanjab Timur Kenalkan Lingkungan 

Hampir seluruh kabupaten-kota memiliki karakteristik seni melalui tangan-tangan terampil perempuan Jambi.

Penulis: Rifani Halim | Editor: Teguh Suprayitno
Tribunjambi/Rifani
Perempuan di Tanjab Timur membatik dengan motif biota laut. 

 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARASABAK- Provinsi Jambi merupakan, provinsi yang memiliki beragam batik. Bahkan hampir seluruh kabupaten-kota memiliki karakteristik seni melalui tangan-tangan terampil perempuan Jambi.

Salah satu kabupaten yang memiliki karakter dalam menyalurkan seni menulis batik yakni Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Sejumlah motif melambangkan daerah pesisir Provinsi Jambi ini disalurkan dengan cara tangan sendiri, Shibori maupun dicap.

Di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, tepatnya di Kecamatan Nipah Panjang, Desa  Pemusiran batik yang melambangkan wilayah pesisi Jambi ini lahir dari tangan perempuan di sana.

Suraedah (47) merupakan pendiri batik idola mengajak sejumlah perempuan disana terlibat dalam memproduksi "Batik Idola". Dari tangan-tangan terampil mereka motif batik nipah, bakau, serta biota laut.

"Yang ada di lingkungan sekitar kita salurkan menjadi motif batik, dari berbagai tanaman seperti pedade, bakau, nipah, jerujuh. Makna dari motif kita ini untuk memperkenalkan lingkungan kita," cerita Suraedah.

Baca juga: Galeri24 Mayang Jambi Keluarkan Produk Batik Series, Emas Batangan Bermotif Khas

Batik Idola yang berkiprah hingga ke sejumlah tanah melayu di Asia Tenggara, merupakan batik yang masih berusia muda. Batik lahir pada 2017, namun tidak bisa dipungkiri kepopuleran batik ini dibuktikan dengan seringnya batik idola yang menyajikan motif khas Tanjung Jabung Timur sudah sering muncul di pameran dan festival tinggal nasional.

"Batik kita sudah pernah sampai ke Malaysia dibawa oleh dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga oleh ibu sekda dan ibu wakil bupati. Kalau untuk Jakarta sudah sering dan terkahir di Palembang tingkat nasional juga, kita kalau pameran di sponsori oleh pemerintah kabupaten Tanjung Jabung Timur," terangnya.

Perempuan di Tanjab Timur membuat batik dengan motif yang menggambarkan ragam hayati pesisir Jambi.
Perempuan di Tanjab Timur membuat batik dengan motif yang menggambarkan ragam hayati pesisir Jambi. (Tribunjambi/Rifani)

Suraedah menuturkan, ciri khas dan pembeda dari pengerajin batik di kabupaten Tanjung Jabung Timur merupakan batik dengan motif ikan Tempakul. Ikan ini merupakan ikan yang sering muncul di bawah rumah produksi Batik Idola.

"Ikan Tempakul ini benar-benar ada di bawah rumah kami, rumah produksi. Selain itu ada motif dengan unsur sea food yang berasal dari laut Tanjung Jabung Timur seperti udang, kerang, cumi, lokan. Itu semua jadi ciri khas kita menggambarkan kekayaan laut Tanjung Jabung Timur," tuturnya.

Baca juga: Batik Khas Tanjung Jabung Barat, 30 Motif Sudah Miliki Sertifikat Hak Kekayaan Intelektual

Halaman
12
Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved