Menilik Potret E-Commerce di Provinsi Jambi

Perkembangan transaksi jual-beli barang dan atau jasa yang berbasis jaringan elektronik atau yang disebut dengan Electronic Commerce (E-Commerce)

Editor: Rahimin
Istimewa
Persentase Pengguna Internet di Indonesia 

Menilik Potret E-Commerce di Provinsi Jambi

Oleh : Marini Syafitri, S.S.T.

(Staf BPS Kabupaten Tebo)

TRIBUNJAMBI.COM - Di era industry 4.0 ini, banyak perubahan yang terjadi dalam tatanan kehidupan masyarakat. Kemudahan dalam mengakses internet dan serba-serbi digitalisasi telah banyak mengubah gaya hidup masyarakat, dari yang konvensional menjadi lebih modern.

Beberapa contoh perubahan ini adalah penggunaan ojek online, pembelian makanan secara online, dan belanja online. Ditambah lagi, dengan adanya Pandemi Covid-19, membuat kehidupan masyarakat semakin bergantung pada kemudahan teknologi.

Konsumsi internet terus meningkat di masa Pandemi Covid-19 meskipun perekonomian sedang resesi. Hal ini disebabkan oleh adanya tuntutan dunia pendidikan dan dunia kerja secara daring. Bahkan, untuk hiburan, juga menjadi salah satu faktor konsumsi internet di masa-masa yang menguji kondisi psikis tersebut.

Dengan meningkatnya kontribusi aspek digital terhadap ekonomi, telah mempermudah, mempercepat dan merubah pola supply dan demand para pelaku ekonomi dari berbagai sisi, seperti pemasaran, pembelian, pendistribusian produk, sistem pembayaran, dan sebagainya.

Perkembangan transaksi jual-beli barang dan atau jasa yang berbasis jaringan elektronik atau yang disebut dengan Electronic Commerce (E-Commerce) mempunyai potensi yang tinggi dalam perekonomian.

Untuk itu, Badan Pusat Statistik (BPS) menyelenggarakan Survei E-Commerce Tahun 2022 sebagai tindak lanjut dari Program Prioritas Nasional Kesatu yaitu “Memperkuat Ketahanan Ekonomi untuk Pertumbuhan yang Berkualitas dan Berkeadilan”.

Petugas Survei E-Commerce 2022 BPS Kabupaten Tebo sedang melakukan listing pada usaha pembuatan batu nisan di Desa Sumber Agung, Kecamatan Rimbo Ilir
Petugas Survei E-Commerce 2022 BPS Kabupaten Tebo sedang melakukan listing pada usaha pembuatan batu nisan di Desa Sumber Agung, Kecamatan Rimbo Ilir (Istimewa)

Pendataan ini merupakan pendataan yang ke-4 kalinya setelah 2019, 2020, dan 2021. Hasil dari pendataan ini diharapkan dapat menjadi indikator untuk melihat gambaran profil E-Commerce dari sudut pandang pelaku usaha.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved