Resmi Berlaku, Polda Jambi Catat 2.000 Kendaraan Mulai Pakai Pelat Putih

Sebanyak 2000 kendaraan di Provinsi Jambi, resmi terdaftar menggunakan pelat nomor kendaraan atau Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB).

Penulis: Aryo Tondang | Editor: Teguh Suprayitno
net/Tribunjateng
Ilustrasi pelat putih hitam 

TRIBUNJAMBI.COM,JAMBI- Sebanyak 2000 kendaraan di Provinsi Jambi, resmi terdaftar menggunakan pelat nomor kendaraan atau Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB).

Hal tersebut diungkapkan oleh Dirlantas Polda Jambi, Kombes Pol Dhafi. Ia menjelaskan, setelah Korlantas Polri resmi memberlakukan pergantian tersebut.

Kata Dhafi, kendaraan yang berhak dan bisa menggunakan pelat berwarna putih hanya kendaraan baru dan kendaraan yang melakukan kepengurusan pajak atau STNK.

"Ya kota di Jambi sudah mulai melaksanakan, dan ada 2 ribu kendaraan yang sudah menggunakan pelat putih, 1500 iti sepeda motor dan 500 itu mobil," kata Dhafi  Selasa (2/8/2022).

Baca juga: Kecelakaan Tunggal di Kota Jambi, 4 Orang Tewas Diduga Berkendara Karena Pengaruh Alkohol

Dhafi menjelaskan, itu merupakan hasil pendataan pihaknya dalam beberapa minggu terakhir.

Namun demikian, pihaknya juga tidak akan melakukan penindakan terhadap kendaraan yang tercatat masih menggunakan pelat hitam.

Tidak hanya itu, kendaraan yang ganti mesin atau juga merubah bentuk, kata Dhafi, masih tetap menggunakan pelat hitam.

"Di luar kendaraan baru, dan pengurusan pajak atau STNK baru, kita juga masih pakai pelat hitam untuk perbuhan bentuk dan lainnya, itu selama masih ada stoknya, kalau nanti stoknya habis baru beralih ke warna putih," sebutnya.

Baca juga: Kecelakaan Maut di Thehok, Pengamat Sosial Melihat 3 Hal yang Terlewatkan

Ia menegaskan, masyrakat dilarang untuk melakukan perubahan warna secara mandiri.

Katanya, warna putih yang dikeluarkan oleh Korlantas Polri merupakan warna khusus, yang mampu dideteksi dan menangkap sinyal-sinyal khusus ETLE.

"Beda itu, cat putihnya bukan sembarangan, itu cat putih khusus yang bisa menangkap sinyal-sinyal khusus elktronik, yang mempermudah penindakan ETLE," tutup Dhafi.

Baca berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Sumber: Tribun Jambi
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved