Berita Jambi

Survei Biaya Hidup 2022: Dasar Perhitungan Inflasi Pasca Pandemi

Indeks Harga Konsumen (IHK) merupakan salah satu data strategis Badan Pusat Statistik (BPS) yang diperlukan sebagai dasar penentuan kebijakan pemerint

Editor: Suci Rahayu PK
ist
BPS Provinsi Jambi menggelar Survei Biaya Hidup (SBH). SBH adalah survei pengeluaran konsumsi rumah tangga di daerah perkotaan (urban area) dan pedesaan (rural area) untuk mendapatkan pola konsumsi masyarakat sebagai bahan penyusunan diagram timbang dan paket komoditas yang baru dalam penghitungan IHK. 

SURVEI BIAYA HIDUP 2022:  DASAR PERHITUNGAN INFLASI PASCA PANDEMI

Oleh: Mutiara Sari, A.Md.

Indeks Harga Konsumen (IHK) merupakan salah satu data strategis Badan Pusat Statistik (BPS) yang diperlukan sebagai dasar penentuan kebijakan pemerintah.

IHK atau lebih dikenal dengan tingkat inflasi/deflasi (inflasi perubahan positif dan deflasi perubahan negatif) merupakan indikator ekonomi penting yang kualitas datanya perlu ditingkatkan dari waktu ke waktu.

Salah satu dasar penghitungan IHK adalah Survei Biaya Hidup (SBH). SBH adalah survei pengeluaran konsumsi rumah tangga di daerah perkotaan (urban area) dan pedesaan (rural area) untuk mendapatkan pola konsumsi masyarakat sebagai bahan penyusunan diagram timbang dan paket komoditas yang baru dalam penghitungan IHK.

BPS Provinsi Jambi menggelar  Survei Biaya Hidup (SBH). SBH adalah survei pengeluaran konsumsi rumah tangga di daerah perkotaan (urban area) dan pedesaan (rural area) untuk mendapatkan pola konsumsi masyarakat sebagai bahan penyusunan diagram timbang dan paket komoditas yang baru dalam penghitungan IHK.
BPS Provinsi Jambi menggelar Survei Biaya Hidup (SBH). SBH adalah survei pengeluaran konsumsi rumah tangga di daerah perkotaan (urban area) dan pedesaan (rural area) untuk mendapatkan pola konsumsi masyarakat sebagai bahan penyusunan diagram timbang dan paket komoditas yang baru dalam penghitungan IHK. (ist)

Pada tahun 2022, SBH kembali dilaksanakan setelah terakhir dilaksanakan pada Tahun 2018. Ini menandakan pelaksanaan SBH akan dilaksanakan untuk yang ke- 8 sejak pertama kali dilaksanakan.

SBH merupakan survei dengan periode pendataan paling panjang dikarenakan masa pencacahannya yang dilakukan selama 1 tahun.

Dengan adanya perkembangan teknologi informasi, perubahan pendapatan masyarakat, perubahan pola penawaran dan permintaan barang/jasa, perkembangan jenis dan kualitas barang/jasa ,serta perubahan selera dan perilaku masyarakat dapat mengubah pola konsumsi masyarakat.

Baca juga: BPS Provinsi Jambi Sampaikan Informasi Soal Kemiskinan

Baca juga: Upacara Disiplin Pegawai di Muaro Jambi, Bachyuni Warning ASN yang tak Disiplin

Pelaksanaan pada tahun 2022 ini diharapkan dapat menggambarkan keadaan sekarang secara tepat dikarenakan hasil SBH 2018 sudah tidak sesuai lagi untuk menggambarkan keadaan yang sekarang dikarenakan adanya pandemi Covid-19 di sepanjang tahun 2020 dan 2021 yang tentu saja telah mengubah pola konsumsi masyarakat.

Tujuan SBH 2022 adalah memperoleh paket komoditas dan diagram timbang perkotaan dan provinsi untuk memperbaharui IHK tahun dasar 2018, mendapatkan data dasar nilai konsumsi (NK0), mendapatkan keterangan tentang profil sosial ekonomi rumah tangga perkotaan dan pedesaan, melengkapi data yang diperlukan untuk penghitungan pendapatan regional dan nasional, dan digunakan sebagai bahan penelitian dan analisis perekonomian.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved