Pemilu 2024

PDIP Incar Hattrick Kemenangan, NasDem Bidik Dua Besar. PKS Target 15 Persen Kursi

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) kembali menargetkan meraih suara terbanyak pada Pemilu 2024. PDIP mengincar kemenangan

Editor: Fifi Suryani
Tribunnews.com/Chaerul Umam
Sekjen PDI-P Hasto Kristiyanto (kiri). Jajaran Pengurus DPP PDI-P Dipimpin Sekjen Hasto Kristiyanto tiba di Gedung KPU, Jakarta, Senin (1/8/2022) (kanan). Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Jadi Parpol Pertama yang Daftar Peserta Pemilu 2024, Pengurus DPP PDIP Tiba di Gedung KPU, https://www.tribunnews.com/nasional/2022/08/01/jadi-parpol-pertama-yang-daftar-peserta-pemilu-2024-pengurus-dpp-pdip-tiba-di-gedung-kpu. Penulis: chaerul umam Editor: Hasanudin Aco 

TRIBUNJAMBI.COM, JAKARTA - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) kembali menargetkan meraih suara terbanyak pada Pemilu 2024. PDIP mengincar kemenangan tiga kali berturut-turut atau hattrick pada Pemilu.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP Bidang Pemenangan Pemilu, Bambang Wuryanto mengatakan hattrick merupakan komitmen seluruh pengurus dan anggota partai. Hal ini ia katakan usai mendaftarkan partainya sebagai peserta pemilu di Komisi Pemilihan Umum (KPU), Senin (1/8) kemarin.

"Tentu kita tidak bisa berdiri sendiri, tapi harapan hattrick menjadi komitmen kami semua seluruh jajaran partai karena itu perintah ketua umum dan tentu kita jabarkan sebaik baiknya dan ini harus dipahami, di dalam pemilu tidak ada ruang hampa," ungkap pria yang akrab disapa Pacul itu kepada wartawan di kantor KPU, Jakarta Pusat.

PDIP sebelumnya meraih suara terbanyak pada Pemilu 2014 dan 2019. Pada Pileg 2019, PDIP meraih 27.053.961 atau 19,33 persen suara. Sedangkan pada 2014 PDIP memperoleh 23.681.471 atau 18,95 persen suara. Pacul mengungkapkan pada pendaftaran kali ini PDIP menyiapkan jumlah anggota sebanyak 477.777 orang. Menurutnya, tiap angka ini memiliki filosofi tersendiri.

"Empat itu adalah gambaran kursi yang [akan] kita rebut kuasa elektoral, 77 itu adalah ulang tahun republik kita," ujar Pacul. Sementara 777 menunjukkan filosofi Jawa yang merujuk pada pitulungan, pitutur, dan pituduh. Dalam budaya Jawa, pitutur merujuk pada peringatan dan nasihat. Sedangkan, pitulungan adalah pertolongan dan pituduh adalah arahan. "[Filosofi ini] untuk membuat pemilu lebih baik dan kita berharap juga tentu memenangkan hattrick sebagaimana yang diperintahkan dari ketua umum," tegasnya.

PDIP menjadi partai pertama yang mendaftarkan diri ke KPU untuk menjadi peserta Pemilu 2024. Pada pendaftaran kemarin massa PDIP melakukan long march dari kantor DPP menuju KPU. Dari pantauan Tribunnews.com, rombongan PDIP yang dipimpin Sekjen Hasto Kristiyanti berangkat pukul 7.25 WIB dari kantor DPP di Jalan Diponegoro, diiringi drum band berseragam merah dan putih. Selain itu, mereka juga mengenakan pakaian adat dari berbagai wilayah di Indonesia.

KPU resmi membuka pendaftaran peserta pemilu 2024 bagi partai politik (parpol) pada Senin (1/8). Selain PDIP, ada 8 partai lain yang kemarin juga mendaftarkan diri. 8 partai itu yakni Partai Keadilan dan Persatuan (PKP), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Reformasi, Partai Rakyat Makmur Adil (Prima), Perindo, Partai NasDem, Partai Bulan Bintang (PBB), dan Partai Negeri Daulat Indonesia (Pandai).

Jika PDIP mengincar hattrick kemenangan, maka NasDem menargetkan masuk dua besar peraih suara terbanyak pada Pemilu 2024. "Kami menargetkan menjadi dua besar, kemarin kami ada di empat besar. Tentunya kami akan sangat realistis, kalau kemudian kami harus berpikir ke depan, kami tidak mungkin berpikiran ke belakang," kata Wakil Ketua Umum Partai NasDem, Ahmad Ali.

Ali mengatakan NasDem bertekad meraih 100 kursi DPR di Pemilu 2024 mendatang. Pada pemilu sebelumnya, NasDem mendapat 59 kursi DPR. "Kemarin kami ada di empat besar. Tentunya kami akan sangat reaistis kalau kemudian kami harus berpikir ke depan, melihat ke depan, kami tidak mungkin berpikir ke belakang. Jadi kami lihat ke depan menargetkan dua besar, tapi untuk jadi pemenang pun kami siap," kata Ali.

Adapun PKS mengaku mengincar 15 persen atau 86 kursi di DPR pada Pemilu 2024 nanti. "Saya sebagai presiden partai dan seluruh jajaran sejak musyawarah nasional ke lima tahun 2020 sudah diamanahi untuk mencapai target minimal 15 persen kalau di kursi DPR RI setara dengan 86 kursi," kata Presiden PKS Ahmad Syaikhu.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved