4.200 Dosis Vaksin PMK untuk Batanghari Dinilai Masih Kurang

Sebanyak 22 orang Tim Vaksinator dikerahkan untuk menyuntik vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) kepada hewan ternak di Batanghari.

Penulis: A Musawira | Editor: Teguh Suprayitno
Tribunjambi/Musawira
Vaksinasi PMK di Kabupaten Batanghari dimulai hewan ternak di Kecamatan Pemayung. 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARABULIAN-Sebanyak 22 orang Tim Vaksinator dikerahkan untuk menyuntik vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) kepada hewan ternak di Batanghari.

Dinas Perkebunan dan Peternakan dalam kegiatan vaksinasi PMK di Kabupaten Batanghari dimulai hewan ternak di Kecamatan Pemayung.

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) Kabupaten Batanghari, Tuanku Hafiq menjelaskan dalam pelaksanaanya dihari pertama ditemukan masih ada hewan ternak yang liar. Artinya belum dikandangkan dan tidak ada kandangnya.

“Saya kira masih kurang. Kita baru menerima  4.200 dosis untuk delapan kecamatan. Kita masih fokus kepada peternak rakyat,” katanya pada Selasa (26/7/2022).

Sejauh ini, petani sangat antusias untuk meminta hewan ternaknya untuk divaksin. Di daerah ini ada 1.000 peternak dengan populasi 36 ribu hewan ternak.

“Kendala hanya terkait lokasi yang jauh dan cuaca yang berubah-rubah,” ujarnya.

Baca juga: Vaksinasi PMK untuk Hewan Ternak di Batanghari Dimulai di Kecamatan Pemayung

Ia mengaku untuk populasi terbanyak ada di Kecamatan Maro Sebo Ulu dan Mersam. Melihat jumlah itu Tim vaksinator yang ada saat ini sangat kurang, sebab hanya ada 7 dokter hewan dan tiga para medis. Kemudian dibantu petugas lainnya. 

“Semua dari lintas OPD sudah kita libatkan mengingat daerah kita berada zona merah dengan jumlah 394 kasus diantaranya 194 sembuh dan yang terpapar 142 ekor hewan ternak,” pungkasnya.

Baca juga: Antisipasi PMK, Pemda Tebo Kembali Menerima Bantuan Vaksin Aftofor

Simak berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved