Rektor UIN Sutha Jambi Ambil Langkah Cepat Atasi Persoalan

Rapat koordinasi ini terkait penanganan banjir yang ada di jalan lintas Jambi – Bulian KM 16 depan Kampus II Gerbang masuk UIN Sutha Jambi

Editor: Rahimin
istimewa
Rektor UIN Sutha Prof Dr H Su’aidi M.A Ph.D dan anggota DPR H Bakri serta Dirjen SDA Balai Wilayah Sungai Sumatera VI Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Jambi mengecek lokasi yang kerap banjir. 

TRIBUNJAMBI.COM JAMBI- Guna mendukung pembangunan sarana dan prasarana di UIN Sutha (Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin) Jambi Rektor Prof Dr H Su’aidi M.A Ph.D melaksanakan rapat koordinasi bersama Dirjen SDA Balai Wilayah Sungai Sumatera VI Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Jambi.

Rapat koordinasi ini terkait penanganan banjir yang ada di jalan lintas Jambi – Bulian KM 16 depan Kampus II Gerbang masuk UIN Sutha Jambi, Selasa (5/7/2022).

Dalam rapat koordinasi bersama Balai Wilayah Sungai Sumatera VI Provinsi Jambi ini, hadir Wakil Rektor I UIN Sutha Dr Rofiqoh Ferawati SH M.EI, Kepala Biro AUPKK Sri Ilham Lubis, Lc, M.Pd, dan Kepala Bagian Umum Junaidi.

Untuk penanggulangan banjir, saat ini sudah mulai dilakukan pekerjaan berupa peninggian jalan.

Tujuan peninggian jalan ini ialah untuk mengimbangi dimensi dari pemasangan box curvert yang akan digunakan untuk jalur air dari ilir jalan ke hulu.

Gedung UIN Sutha Jambi yang baru dibangun.
Gedung UIN Sutha Jambi yang baru dibangun. (istimewa)

Ada beberapa faktor penyebab terjadinya banjir didepan kampus UIN Sutha Jambi yaitu, penampang cross draine yang kurang ideal ditambah adanya pipa transmisi yang berada dalam box curvert sehingga mengurangi banyaknya laju air yang bisa ditampung.

Serta debit air terlalu tinggi dari hulu yang tidak dapat ditampung oleh box curvert yang ada saat ini, penampang anak sungai yang berada di hilir berukuran kecil tidak sesuai dengan debit air yang tinggi dari arah hulu, dan kemudian daerah genangan merupakan daerah retensi.

Setelah melakukan rapat koordinasi bersama Dirjen SDA Balai Wilayah Sungai Sumatera VI Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Rektor UIN Sutha Jambi menerima kunjungan Anggota Komisi V DPR RI H Bakri, Kamis (7/7/2022).

Ini sebagai langkah nyata Rektor UIN Sutha bersama jajaran terkait dalam mengambil langkah cepat untuk penanganan banjir yang beberapa waktu lalu melewati Kampus Mendalo.

“Kita mengambil langkah cepat agar tidak terjadi lagi, maka dari itu kita langsung menghubungi pihak–pihak terkait agar semua bisa terselesaikan dengan cepat bahkan bisa selesai dalam waktu dekat,” kata Prof Dr H Suaidi MA Ph.D.

Dalam kunjungan dan diskusi ini diambil kesepakatan, kalau UIN Sutha Jambi akan menyurati Dirjen PUPR agar pengerjaan perbaikan dalam menanggulangi tekanan air yang lewat UIN Sutha dapat selesai tahun ini.

“Terima kasih kepada pihak Binamarga, SDA dan Pemerintah Muaro Jambi terkhusus untuk H Bakri DPR RI Komisi V, terima kasih atas bantuannya dan mohon di kawal,” pungkas rektor.

Baca juga: Pusat Kajian Disabilitas UIN STS Jambi Jalin MoA dengan DP3AP2 Provinsi Jambi 

Baca juga: Fakultas Syariah UIN STS Jambi Yudisium 168 Mahasiswa

Baca juga: IKA PIAUD UIN STS Jambi Sebagai Wadah Pengembangan Bagi Para Alumni

Baca berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved