Telan Anggaran Rp2 Miliar, Bimtek Kades Se-Kabupaten Kerinci di Bandung Jadi Sorotan

Pelatihan Pengelolaan Aset Desa yang diikuti oleh kepala desa dan sekdes yang ada di Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi menjadi sorotan publik. 

Penulis: Herupitra | Editor: Teguh Suprayitno

 

TRIBUNJAMBI.COM, KERINCI - Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) atau Pelatihan Pengelolaan Aset Desa yang diikuti oleh kepala desa dan sekdes yang ada di Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi menjadi sorotan publik. 

Bimtek yang diselenggarakan di Bandung Jawa Barat tersebut dikabarkan menelan dana hingga Rp 2 Miliar. Hal ini diketahui dengan jumlah uang yang disetor setiap Desa Rp 7 juta, dengan jumlah Desa 285 dan 2 kelurahan tersebut dinilai mubazir atau hanya menghamburkan uang saja. 

Wajar saja kegiatan yang diselenggarakan BKAD ini, disebut  tidak rasional dilakukan ditengah pemerintah sedang proses pemulihan ekonomi daerah.

Informasi yang diperoleh, berberapa Kades merasa menjadi korban. 

“Dalam hal ini beberapa Kades merasa menjadi korban, sebab bimtek yang dilaksanakan terkesan memaksakan para Kades untuk mengikuti,” ujar Sumber yang namanya tidak mau ditulis.

Ditambahkannya, Bimtek terkesan mencari keuntungan untuk penyelenggara (BKAD), setiap Desa yang mengikuti Bimtek membayar Rp 7 juta.

“Ada dugaan penyelenggara mencari keuntungan besar disini,” sebutnya.

Menurut sumber, penyelenggara BKAD semuanya petinggi APDESI Kabupaten Kerinci. Dugaan ada unsur pemaksaan agar semua Desa harus mengikuti Bimtek.

“BKAD penyelanggara, tapi dilihat panitia pelaksana petinggi APDESI Kabupaten Kerinci,” ungkap sumber.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved