Pemilihan Presiden 2024

PDIP Keok di Pilpres Jika Tak Berkoalisi, PKS Terbuka Berkoalisi dengan PDIP

Banyak partai politik belakangan menjajaki kemungkinan berkoalisi jelang pemilihan presiden tahun 2024 mendatang. Namun geliat tersebut tidak

Editor: Fifi Suryani
KOMPAS.com/NICHOLAS RYAN ADITYA
Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri, Ketua DPP PDI-P Puan Maharani dan Prananda Prabowo saat hendak makan bakso di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Kamis (23/6/2022). 

TRIBUNJAMBI.COM, JAKARTA - Banyak partai politik belakangan menjajaki kemungkinan berkoalisi jelang pemilihan presiden tahun 2024 mendatang. Namun geliat tersebut tidak diperlihatkan PDI Perjuangan(PDIP).

Pengamat Politik dari lembaga survei KedaiKOPI, Hendri Satrio menilai PDI Perjuangan bakal kalah dalam Pilpres 2024 bila tak berkoalisi dengan partai lain."Kalau menurut hasil survei KedaiKOPI kalau mereka (PDIP) maju sendiri kalah mereka," kata Hendri saat dihubungi Tribun, Minggu (26/6).

Karena itu, Hendri menyarankan agar partai besutan Megawati Soekarnoputri itu untuk berkoalisi dengan partai lain. Menurut Hendri, PDIP bisa saja berkoalisi dengan partai lain, yakni Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

"Jadi mereka (PDIP) harus berkoalisi yah, kalau saya prediksi mungkin dia akan berkoalisi dengan PKB," ungkap Hendri.

Alasan lain, kata Hendri, antara PDIP dengan partai besutan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin itu secara historis memiliki kedekatan. "Karena kalau sejarahnya memang PDIP dekat gitu dengan PKB. Jadi kalau dia berkoalisi ya satu partai itu saja begitu," ucap Hendri.

Hendri Satrio memprediksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) nantinya akan bekerja sama dengan partai religius. Bahkan, Hendro secara gamblang menyebutkan bahwa PDIP bakal bekerja sama dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

“PKB menurut saya menjadi unggulan pertama saya, bisa berkoalisi dengan PDI Perjuangan,” kata Hendro.

Ia menuturkan, PDI Perjuangan menjadi pusat perhatian publik saat ini, bahkan diramal hingga 2024 mendatang. Banyaknya perhatian publik itu, sambung dia, menjadi daya tarik juga bai partai politik (parpol) untuk bekerja sama dengan PDI Perjuangan.

Menurut Hendri, dengan bekerja sama dengan PDI P, itu akan memuluskan jalan parpol lainnya untuk bisa memenangkan Pemilihan Legislatif atau Pileg maupun Pemilihan Presiden (Pilpres) nanti. “Nah kemudian terkait siapa capresnya, menurut saya Ibu Mega hebat sekali, per hari ini belum menunjukkan perferensi ke siapa siapa, apakah itu ke Ganjar atau ke Puan, walaupun unggulan terdepan hari ini di internal PDI Perjuangan adalah Mbak Puan Maharani,” ucapnya.

“Nanti lengkap capres cawapresnya bisa membawa slogan nasionalis religius,” sambung dia.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved