Penerbitan Akta Kematian Rendah, Dukcapil Kerinci Jemput Bola ke Masyarakat

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Kerinci turun jemput bola ke masyarakat untuk mendata angka kematian.

Penulis: Herupitra | Editor: Teguh Suprayitno
Warta Kota
ILUSTRASI Akta Kematian. 

TRIBUNJAMBI.COM, KERINCI - Masih rendahnya pengurusan akta kematian di Kabupaten Kerinci, membuat Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Kerinci turun jemput bola ke masyarakat.

Kepala Dinas Dukcapil Kerinci melalui Sekretaris, Elly Hendrayati mengatakan, meski sudah mulai mengalami peningkatan, namun realisasi penerbitan akta kematian di Kabupaten Kerinci masih tergolong rendah.

"Untuk mendorong peningkatan penerbitan dokumen kependudukan akta kematian ini, kami bekerjasama dengan Pemerintah Desa dan pihak PBJS untuk melaporkan data kematian kepada Disdukcapil Kabupaten Kerinci," ujarnya. 

Elly menyebutkan, masih minimnya penerbitan akta kematian ini disebabkan masyarakat masih berpegang teguh terhadap azas keperluan. Sehingga sebagian besar yang melakukan pengurusan penerbitan akta kematian hanya mereka yang berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil.

"Kalau kita lihat masyarakat Kerinci masih memegang azas keperluan, kalau udah perlu baru mendesak kami untuk cepat menerbitkan, tapi kalau tidak perlu mereka lalai," sebutnya. 

Dia berharap kepada masyarakat agar mau mengurus akta kematian keluarga, mengingat data kependudukan bukan merupakan pelayanan dasar, akan tetapi merupakan dasar bagi masyarakat untuk mendapatkan pelayanan.

"Semoga dengan kita jemput bola ke masyarakat ini bisa meningkatkan angka pembuatan akta kematian di Kerinci," tandasnya.

Baca juga: Bupati Adirozal Lepas 121 JCH Kabupaten Kerinci

Baca juga: Universitas Terbuka dan Pemerintah Kabupaten Kerinci Tandatangani Nota Kesepahaman

Baca juga: Keributan Antar Pemuda Semerap dan Tanjung Pauh Hilir, Polres Kerinci Lakukan Mediasi 

Simak berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved