Catat, Ini Jadwal dan Jalur PPDB di Kota Jambi 

PPDB untuk jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kota Jambi dibuka mulai 27 Juni sampai 2 Juli 2022. 

Penulis: Fitri Amalia | Editor: Teguh Suprayitno
tribunjambi/rohmayana
Ilustrasi PPDB di Kota Jambi 

TRIBUNJAMBI.COM - Pendaftaran Penerimaan Siswa Baru (PPDB) untuk jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kota Jambi dibuka mulai 27 Juni sampai 2 Juli 2022. 

Andra Anwar, Kasi Peserta Didik dan Pengembangan Karakter SMP Dinas Pendidikan Kota Jambi mengatakan PPDB masih mengacu pada Permendikbud No 1 Tahun 2021 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru pada Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, dan Sekolah Menengah Kejuruan tahun pembelajaran 2021/ 2022. 

Turunan dari Permendikbud tersebut yakni Perwal No 7 Tahun 2022 tentang PPDB yang isinya pertama mengenai jalur PPDB Kota Jambi

Berdasarkan Perwal tersebut tersedia tiga jalur untuk tingkat SD yakni jalur zonasi, afirmasi dan perpindahan orangtua. Sedangkat untuk tingkat SMP ada empat jalur masuk yakni jalur zonasi, afirmasi, jalur prestasi dan jalur perpindahan tugas orangtua. 

"Untuk tingkat SD itu ada tiga jalur, Jalur zonasi disiapkan 80 persen dari daya tampung sekolah,  jalur afirmasi 15 persen dan jalur perpindahan tugas orangtua sebesar 5 persen, untuk tingkat SMP ada empat jalur, jalur zonasi 75 persen dari daya tampung sekolah, Jalur Afirmasi 15 persen, Jalur Pretasi 5 persen, terakhir Jalur Perpindahan orangtua sebesar 5 persen dari daya tampung sekolah," jelasnya. 

Mulyadi, Kadisdik Kota Jambi menyampaikan bagi penghafal Alquran yang ingin meneruskan jenjang pendidikan tingkat SD dan SMP dapat melalui jalur prestasi. Ada poin yang akan menjadi penilaian bagi penghafal Alquran yang ingin melanjutkan ke tingkat SD dan SMP melalui jalur prestasi.

"Semakin banyak hafalan juz, poinnya semakin tinggi," sebutnya. 

Anwar menyebut persyaratan dan ketentuan yang harus dilengkapi untuk PPDB tingkat SD yakni akte kelahiran calon peserta didik, kartu tanda pengenal (KTP) orang tua, kartu keluarga (KK), sertifikat sudah pernah belajar PAUD bagi yang memilikinya. 

Walaupun peserta calon peserta didik tidak pernah belajar di PAUD dia tetap bisa mendaftar, tetapi dengan ketentuan sesuai juknis skor calon peserta didik yang pernah belajar PAUD calon peserta didik yang belum pernah belajar PAUD berbeda. 

Sementara itu persyaratan untuk PPDB untuk tingkat SMP yakni Surat Keterangan Lulus (SKL) dari sekolah, akte kelahiran, KK, dan KTP orangtua. 

"Ketentuan untuk PPDB tingkat SD pendaftaran secara luring, jadi orangtua calon peserta didik langsung datang ke sekolah untuk mendaftar, antara untuk jenjang SMP murni daring atau online melalui webside ppdb.jambikota.go.id," pungkas Anwar. 

Pendaftaran PPDB tingkat TK, SD dan SMP mulai 27 Juni sampai 2 Juli 2022 dan hasil pendaftaran akan diumumkan pada 8 Juli 2022.

Baca juga: Kadisdik Kota Jambi Sebut Jumlah Wisuda Penghafal Quran Meningkat

Baca juga: Wali Kota Jambi Wisuda 1.560 Hafidz dan Hafidzah Jenjang SD dan SMP

Simak berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Sumber: Tribun Jambi
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved