Khazanah Islam

Mengetahui Sebab Turunnya Ayat Asbabun Nuzul Surat Al Muddassir

Ulama ternama, Imam As Suyuthi dalam kitabnya asbabun nuzul menjelaskan sebab turunnya ayat di Surat Al Muddassir.

Penulis: Deddy Rachmawan | Editor: Deddy Rachmawan
Freepik
Al Qur'an yang di dalamnya terdapat Surat Al Muddassir. asbabun nuzul Surat Al Muddassir ini saat Nabi Muhammad Saw berduka dan menyelimuti dirinya. 

TRIBUNJAMBI.COM – Ulama ternama, Imam As Suyuthi dalam kitabnya Asbabun Nuzul menjelaskan sebab turunnya ayat di Surat Al Muddassir.

Surat Al Muddassir merupakan surat ke-74 di Al Qur'an dan memiliki 56 ayat. Al Muddassir berarti orang yang berselimut atau yang berkemul.

Imam As Syutuhi menulis sebagai berikut:

Asy-Syaikhani meriwayatkan dari Jabir, ia mengatakan; Rasulullah berkata, "Aku menyepi di Gua Hira selama satu bulan. Ketika sudah selesai menyepi, maka aku turun ke arah lembah. Kemudian aku dipangil tetapi aku tidak melihat seorang pun. Aku lalu menengadahkan kepalaku Tiba-tiba ada malaikat yang datang kepadaku. Aku lalu pulang, kemudian aku katakan, 'Selimutulah aku.' Maka Allah menurunkan ayat, “Hai orang yang berselimut, bangunlah, lalu berilah peringatan!" (Al-Muddassir: 1-2).

Ibnu Katsir dalam tafsirnya menjelaskan mengenai ayat ini, orang yang diminta Rasulullah untuk menyelimutinya adalah istri beliau, Khadijah. Oleh Rasulullah, Khadijah juga diminta untuk mengompres beliau saw.

Baca juga: Asbabun Nuzul Sebab Turunnya Surat Yasin, Allah Perlihatkan Kekuasaannya Terhadap Kafir Quraisy

Diriwayatkan bahwa Rasulullah menyepi ke Gua Hira setelah Allah tak menurunkan wahyu kepada beliau untuk beberapa lama.

Dalam satu riwayat sahabat Nabi Ibnu Abbas pernah mengatakan, dalam satu majelis orang kafir Quraisy yakni pada jamuan makan yang dibuat oleh Al Walid ibnul Mugirah, Al Walid bertanya kepada orang-orang Quraisy.

"Bagaimanakah pendapat kalian dengan lelaki ini (maksudnya Nabi Saw.)?" Sebagian dari mereka mengatakan seorang penyihir, sebagian yang lain mengatakan bukan seorang penyihir. Dan sebagian yang lainnya lagi mengatakan seorang tukang tenung, maka sebagian yanglainnya menjawab bukan seorang tukang tenung.

Sebagian dari mereka ada yang mengatakan seorang penyair, dan sebagian yang lainnya menjawabnya bukan seorang penyair. Lalu sebagian dari mereka ada yang mengatakan bahwa bahkan dia adalah seorang penyihir yang belajar (dari orang-orang dahulu). Akhirnya mereka sepakat menyebutnya sebagai seorang penyihir yang belajar dari orang-orang dahulu.”

Baca juga: Sahabat Nabi Ubadah bin Shamit,Berasal dari Palestina yang Ucapannya Jadi Asbabun Nuzul Al Maidah 56

Ketika berita tersebut sampai kepada Nabi Muhammad Saw., maka hati beliau berduka cita dan menundukkan kepalanya serta menyelimuti dirinya. Maka Allah menurunkan firman-Nya Surah Al Muddassir ayat 1-7.

Begitulah peristiwa yang melatarbelakngi asbabun nuzul Surat Al Muddassir ayat 1 dan 2.

Baca juga: Ketika Langit Membawa Kabut yang Nyata, Sebab Turunnya Ayat 10 Surat Ad Dukhan

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved