Khazanah Islam

Asbabun Nuzul Sebab Turunnya Surat Yasin, Allah Perlihatkan Kekuasaannya Terhadap Kafir Quraisy

Terkait asababun nuzul sebab turunnya Surat Yasin ayat 8 dan 9, Ibnu Jarir meriwayatkan dari Ikramah. Abu Jahal berkata,

Penulis: Deddy Rachmawan | Editor: Deddy Rachmawan
PIXABAY/CHZAIB
Membaca Alquran di antaranya Surat Yasin memiliki banyak keutamaan 

TRIBUNJAMBI.COM - Imam As Suyuthi menulis dalam kitabnya Asbabun Nuzul, mengenai sebab turunnya ayat atau asbabun nuzul Surat Yasin.

Surat Yasin termasuk surat yang paling sering dibaca oleh sebagian umat Islam.

Mengutip Imam Suyuthi, bahwa dengan turunnya Surat Yasin, khususnya ayat 1 sampai 10, Allah memperlihatkan kekuasaan-Nya terhadap orang kafir Quraisy dan juga perlindungannya kepada Nabi Muhammad.

“Yaa Siin. Demi Al-Qur’an yang penuh hikmah. Sungguh engkau (Muhammad) adalah adalah seorang dari rasul-rasul. (yang berada) di atas jalan yang lurus. (Sebagai wahyu) yang diturunkan oleh (Allah) yang Mahaperkasa, Maha Penyayang. Agar engkau memberi peringatan kepada suatu kaum yang nenek moyangnya belum pernah diberi peringatan karena itu mereka lalai. Sungguh pasti berlaku perkataan (hukuman) terhadap kebanyakan mereka, karena mereka tidak beriman. Sungguh, Kami telah memasang belenggu di leher mereka, lalu tangan mereka (diangkat) ke dagu, karena itu mereka tertengadah. Dan Kami jadikan dihadapan mereka sekat (dinding) dan di belakang mereka juga sekat, dan Kami tutup (mata) mereka sehingga mereka tidak dapat melihat. Dan sama saja bagi mereka, apakah engkau memberi peringatan kepada mereka atau tidak memberi peringatan kepada mereka, ” (QS Yasin:1-2).

Imam As Suyuthi menulis dalam kitabnya Asbabun Nuzul, bahwa suatu ketika Rasulullah membaca Surat As Sajdah. Akibatnya, orang-orang Quraisy merasa terganggu. Mereka langsung merespons dengan mencoba mencelakai Rasulullah SAW.
Tiba-tiba Allah menunjukkan kekuasaan Nya. Tiba-tiba tangan orang Quraisy tersebut terbelenggu di pundaknya dan mereka menjadi buta.

Mereka yang tadinya hendak berbuat jahat kepada Rasulullah, sontak berbalik meminta tolong kepada Nabi Muhammad. “Kami sangat mengharapkan bantuan tuan atas nama Allah dan dan atas nama keluarga.”

Maka turunlah Surat Yasin ayat 1-10. Dan dikatakan, tidak seorang pun dari mereka yang beriman. Menurut Al Qurtubhi mereka yang dimaksud adalah Abu Jahal, Al Walid bin Al Mughirah dan seseorang dari Bani Makzhum.

Baca juga: Asbabun Nuzul Surat Al Fatihan dan Fakta-fakta  Surat Al Fatihah

“Sungguh, Kami telah memasang belenggu di leher mereka, lalu tangan mereka (diangkat) ke dagu, karena itu mereka tertengadah.” (QS Yasin: 8).

Terkait asababun nuzul sebab turunnya Surat Yasin ayat 8 dan 9, Ibnu Jarir meriwayatkan dari Ikramah. Abu Jahal berkata, “sekiranya aku bertemu dengan Muhammad, pasti aku akan mencelakainya” Kemudian Allah menurunkan Surat Yasin ayat 8 dan 9.

Siapa nyana, padahal saat itu Rasulullah saw berada di dekat Abu Jahal. Namun Allah menunjukkan kekuasaan-Nya, Allah membuat Abu Jahal tidak melihat keberadaan Rasulullah SAW. Dan ia bertanya-tanya, “Di mana Muhammad?”.

Baca juga: Surat Yasin Latin disertai Terjemahan Lengkap

Surat Yasin merupakan surat ke-36 dengan jumlah ayat sebanyak 83 ayat. Surat ini dikelompokkan ke dalam surat Makkiyah. Imam Suyuthi menyebutkan, kecuali satu ayat dari Surat Yasin yang turun di Madinah, yaitu ayat 12. Ayat ini turun kepada Bani Salamah dari kaum Anshar yang berada di Madinah.

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved