Berita Ekonomi Jambi

Nilai Impor Provinsi Jambi April 2022 Turun 60,14 Persen

Data yang sampaikan Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jambi, nilai impor Provinsi Jambi turun sebesar 60,14 persen dibanding bulan sebelumnya, yait

Ade setyawati/tribunjambi
BPS Provinsi Jambi 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Data yang sampaikan Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jambi, nilai impor Provinsi Jambi turun sebesar 60,14 persen dibanding bulan sebelumnya, yaitu dari US$ 5,79 juta pada bulan Maret 2022 menjadi US$ 2,31 juta pada bulan April 2022.

Susiawati Kristiarini, Koordinator Tim Fungsi Statistik Produksi Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jambi menyampaikan penurunan impor ini dipicu oleh turunnya nilai impor pada kelompok komoditi makanan, karet, mesin dan alat angkutan, serta kelompok komoditi hasil industri, dan sejenis dari komoditi-komoditi tersebut.

Sampai April 2022, impor kelompok komoditi mesin dan alat angkutan memberikan kontribusi sebesar 68,56 persen dari total impor.

Kontribusi selanjutnya diikuti kelompok komoditi bahan kimia dan sejenisnya sebesar 15,11 persen, dan kelompok komoditi hasil industri dan lainnya sebesar 10,16 persen.

Kelompok komoditi makanan dan sejenisnya berperan sebesar 6,08 persen dan kelompok komoditi karet dan sejenisnya hanya berperan 0,09 persen.

Lima negara dengan transaksi Impor terbesar pada April 2022 adalah dari negara Singapura, Australia, India, Jepang, dan Cina.

"Sampai dengan April 2022 jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya, menunjukkan bahwa transaksi impor secara umum mengalami penurunan," tambahnya.

Penurunan tertinggi dialami oleh impor kelompok komoditi karet dan sejenisnya yaitu sebesar US$ 0,04 juta atau 75,41 persen, diikuti oleh kelompok komoditi makanan dan sejenisnya yaitu sebesar US$ 0,69 juta atau 47,12 persen, serta kelompok komoditi bahan kimia dan sejenisnya sebesar US$ 1.28 juta atau 39,84 persen.

Namun demikian ada transaksi impor yang mengalami kenaikan sampai dengan periode April 2022 dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Kenaikan tertinggi dialami oleh impor kelompok komoditi mesin dan alat angkutan sebesar 158,47 persen, diikuti kelompok komoditi hasil industri dan lainnya sebesar 8,38 persen.

"Impor Provinsi Jambi melalui tiga pelabuhan laut utama di Jambi yaitu : Pelabuhan Talang Duku Jambi, Muara Sabak dan Kuala Tungkal serta pelabuhan udara Bandara Sultan Thaha," tutupnya.

Simak berita-berita terbaru Tribunjambi.com melalui Google News

Baca juga: Komentar Jokowi Usai Nonton Balap Formula E Jakarta

Baca juga: Hasil Balapan Formula E Jakarta Sore Ini, Pembalap Jaguar TCS Racing Mitch Evans Jadi Juara

Baca juga: Jokowi Jawab Kritikan Pemerintah Tak Dukung Balap Formula E Jakarta

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved