Berita Merangin

Fajarman Soroti Pengelolaan Geopark Merangin Minta Keseriusan Segenap ASN

Berita Merangin-Geopark Merangin Jambi masuk dalam penilaian Unesco Global Geopark sehingga perlu perhatian semua pihak..

Penulis: Darwin Sijabat | Editor: Nani Rachmaini
Istimewa
Geopark Merangin 

TRIBUNJAMBI.COM, BANGKO - Geopark Merangin Jambi masuk dalam penilaian Unesco Global Geopark sehingga perlu perhatian semua pihak dalam pengembangannya.

Hal itu disampaikan Bupati Merangin, Mashuri melalui Sekretaris Daerah, Fajarman saat memimpin Apel Kedisiplinan ASN di Halaman Kantor Bupati, Senin (23/5/2022).

Fajarman menyampaikan bahwa perjalanan Geopark Merangin sebelumnya telah mengikuti penilaian pada tahun 2014 silam.

Namun penilaian tersebut belum berpihak kepada Merangin, sehingga kembali diusulkan pada tahun 2021 lalu.

Mendukung hal tersebut, semua pihak baik masyarakat dan kepala dinas terkait diminta agar serius dalam pengembangan.

Kepada OPD terlait, Mashuri menegaskan agar membuat kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar dengan topik Geopark Merangin. 

Pengembangan geopark yang dimaksudkan itu berupa upaya konservasi, edukasi dan pembangunan perekonomian masyarakat secara berkelanjutan. 

Tentu hal itu menurutnya dengan keterlibatan aktif dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, masyarakat dan pemangku kepentingan terkait . 

Geopark utamanya dalam rangka pengembangan destinasi pariwisata sehingga dapat digunakan untuk menumbuhkan pemahaman dan kepedulian masyarakat terhadap bumi dan lingkungan sekitarnya.

Sekaligus meningkatkan ekonomi masyarakat . 

"Beberapa daerah yang geoparknya telah menjadi anggota Unesco Global Geopark (UGGP) sudah terbukti terjadi peningkatan ekonomi masyarakat dan kepedulian terhadap bumi," ujarnya. 

Fajarman menyebutkan bahwa upaya Geopark Merangin menjadi anggota UGGP telah melewati beberapa progres.

Dalam pengajuan atau usulan terakhir, melalui email Fajarman menegaskan bahwa dossier Geopark Merangin Jambi (GMJ) telah memenuhi syarat.

"Akan dilaksanakan penilaian langsung terkait kondisi atau kesiapan pengembangan Geopark Merangin Jambi di lapangan," ujarnya. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved