Aksara Incung di Batik Kerinci

Batik Kerinci kini Kerinci sudah banyak diproduksi, salah satu yang paling kondang saat ini adalah batik dengan motif  tulisan Incung.

Penulis: Herupitra | Editor: Teguh Suprayitno
Tribunjambi/Heru
Batik Kerinci motif aksara Incung. 

 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Herupitra

TRIBUNJAMBI.COM, SUNGAIPENUH - Di Kota Sungai Penuh, Provinsi Jambi, batik Kerinci kini Kerinci sudah banyak diproduksi. Salah satu yang paling kondang saat ini adalah batik dengan motif  tulisan Incung, yakni aksara kuno Kerinci.

Tentu saja masih ada motif lain yang menunjukkan kekhasan budaya dan alam Kerinci. Namun, batik produksi rumah Batik Incoang Gnce selalu disertakan aksara Incung disamping motif utama.

Beralamat di Larik Pantai Kelurahan Sungaipenuh, Kota Sungaipenuh, di rumah batik 'Incoang Gnce' terdapat beragam batik yang dipajang. Ada juga batik yang tengah menjalani proses produksi. 

Motif lainnya masih banyak lagi, antara lain, motif ikan semah, motif jangki dan lainnya. Di semua batik tadi terdapat aksara Incung, aksara Kerinci kuno yang dipercayai sudah digunakan bahkan sebelum Islam masuk. 

Emeliawati pemilik rumah Batik Incoang Gnce menuturkan, rumah batiknya telah dibuka sejak 2016. Hingga saat ini rumah batiknya produksi untuk memenuhi pesanan pelanggan. 

"Belajar membatik dari ikut pelatihan. Setelah itu saya buka rumah batik," kata Emeliawati ditemui, Jumat (20/5/2022).

Baca juga: Antisipasi Penyakit PMK, Disbunnak Kerinci Cek Kesehatan Ternak

Ia menyebutkan, bahwa batik produksinya adalah bermotif hal-hal yang merupakan khas Kerinci. Salah satunya adalah aksara Incung dan lain sebagainya. 

"Selian aksara incung, khas lain yang terdapat di Kerinci sungaipenuh itulah merupakan motif batik kita," ujarnya. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved