Libur Lebaran, Permintaan Dodol Kentang Kerinci Meningkat

Libur lebaran membawa berkah tersendiri bagi pengusaha dodol kentang di Kabupaten Kerinci.

Penulis: Herupitra | Editor: Teguh Suprayitno
Tribunjambi/Heru
Dodol kentang asli Kerinci. 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Herupitra

TRIBUNJAMBI.COM, KERINCI - Libur lebaran membawa berkah tersendiri bagi pengusaha dodol kentang di Kabupaten Kerinci. Sebab tak hanya tempat wisata, para wisatawan juga memburu oleh-oleh yang dibawa pulang. 

Salah satunya dodol kentang yang ada di Lubuk Nagodang, Kecamatan Siulak, Kerinci. Meningkatnya permintaan Dodol Kentang selama libur lebaran ini membuat pihak produsen dodol kentang harus memasak dodol dalam jumlah banyak. 

Salah seorang pedagang dodol kentang, Fisri Enjilia mengatakan, selama libur lebaran tahun ini dirinya mampu menjual dodol kentang mencapai 150 hingga 200 kotak dalam sehari. Bahkan omset yang didapat juga meningkat dari hari biasanya. 

"Kalau hari biasa hanya berkisar 20 hingga 50 kotak dalam sehari," katanya. 

Diungkapkannya, harga yang ditawarkan kepada pembeli bervariasi. Mulai dari harga Rp 5000 per kotak hingga Rp 100 ribu per kotaknya.

Baca juga: Pengunjung Candi Muaro Jambi Membeludak, BPCB Provinsi Jambi Kekurangan Petugas Awasi Wisatawan

Para pembeli yang datang sebutnya, tidak hanya berasal dari dalam Kabupaten Kerinci. Namun terdapat juga dari luar daerah, seperti Merangin, Bungo, Tebo, Jambi, Padang, Bengkulu bahkan Jakarta

Senada, pengusaha dodol kentang lainnya, Sasrial juga merasakan peningkatan pendapatan. Ia menyebutkan setelah mengetahui mudik diperbolehkan, dirinya jauh-jauh hari telah memasak dodol dalam jumlah yang banyak. 

"Kita masak sampai 4 ton Kentang. Dari 4 ton kentang tersebut bisa menghasilkan 40 ribu kotak dodol. Omzet yang didapat bisa mencapai 20 hingga 30 juta perbulannya," sebutnya. 

Sasrial menambahkan, permintaan dodol kentang biasanya meningkat saat libur sekolah, libur tahun baru maupun libur lebaran. Hal itu lantaran banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Kerinci.

Baca juga: H+4 Lebaran Objek Wisata Danau Kerinci Dipadati Wisatawan, Kapolres Pantau ke Lokasi

"Selian dodol kentang saya juga menjual produk khas Kerinci yang bisa dijadikan oleh oleh, seperti teh kayu ato, kopi robusta, hingga sirup kulit manis dan lainnya," pungkasnya.(*) 

Baca berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved