Puluhan ASN di Merangin Jadi Cakades, Ini Hak Pegawainya Bila Terpilih

Sebanyak 32 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemerintahan Kabupaten Merangin mendaftarkan diri sebagai calon kepala desa.

Penulis: Darwin Sijabat | Editor: Teguh Suprayitno
Tribunjambi/Darwin
Ferdi F Ansori, selaku Kepala BKPSDM Merangin. 

 

TRIBUNJAMBI.COM, BANGKO - Sebanyak 32 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemerintahan Kabupaten Merangin mendaftarkan diri sebagai calon kepala desa.

Pemilihan kepala desa untuk 176 desa di Kabupaten Merangin turut diikuti ASN sebagai Cakades.

Mereka yang mengikuti Pilkades di 24 kecamatan itu dikatakan Ferdi F Ansori, selaku Kepala BKPSDM Merangin telah meminta ijin ke Bupati Merangin, Mashuri

"ASN yang ikut Pilkades serentak di 176 desa tahun ini ada 32 orang, tersebar di 11 kecamatan," katanya, Minggu (10/4/2022).

Ferdi menyebutkan bahwa ASN tersebut berada di tingkat desa sampai kecamatan.

Di antara ASN tersebut ada yang baru pertama meminta ijin ke Bupati Merangin untuk mengikuti Pilkades. Selain itu Ferdi mengungkapkan, terdapat juga ASN yang saat menjabat kepala desa meminta ijin kembali. 

"Ada juga ASN yang sudah kepala desa minta ijin cuti kembali untuk ikuti Pilkades," tandasnya.

Baca juga: Sebanyak 176 Desa di Merangin Ikut PIlkades Serentak, Mashuri Sebut Ada ASN yang Calon Kades

Jika terpilih menjadi kepala desa, status kepegawaian dan haknya diatur dalam Surat Edaran nomor 4/SEDfl/2019 tentang Pegawai Negeri Sipil yang Diangkat Menjadi Kepala Desa atau Perangkat Desa.

Dalam SE tersebut disebutkan, apabila terdapat PNS yang dipilih/diangkat menjadi kepala Desa atau perangkat Desa, dia dibebaskan sementara dari jabatannya selama menjadi kepala Desa/perangkat Desa tanpa kehilangan hak sebagai Pegawai Negeri Sipil.

Hak sebagai PNS yakni gaji pokok, tunjangan keluarga, dan tunjangan pangan kecuali tunjangan jabatan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan, cuti, kenaikan gaji berkala.

Baca juga: Hujan Deras Disertai Angin Kencang Guyur Merangin Buat Petugas PLN Sampai Subuh Benari Tiang Listrik

Untuk dapat memenuhi salah satu syarat pemberian kenaikan gaji berkala, penilaian kinerja Pegawai Negeri Sipil yang dipilih/diangkat menjadi kepala Desa atau perangkat Desa diberikan oleh pejabat pengawas seksi pemerintahan pada kecamatan. (Tribunjambi.com/ Darwin Sijabat).

Baca berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved